Spesifikasi Aspire E1-451G dengan Radeon HD 8750M

Di tengah-tengah serbuan komputer jinjing tipis, laptop "konvensional" masih tetap berjaya dengan menawarkan keunggulan tersendiri, utamanya dari sisi spesifikasi teknis yang tak terbatas ruang sempit serta harga yang lebih bersahabat.

Dua hal itulah yang digabungkan Acer dalam Aspire E1-451G, laptop berharga relatif terjangkau yang turut dilengkapi komponen hardware mumpuni, termasuk sebuah "discrete graphics" Radeon HD 8750M.

Aspire E1-451G sekaligus menjadi laptop pertama di Indonesia yang dibekali dengan kartu grafis Radeon seri HD 8000. Seperti apa kinerjanya? Ikuti ulasan berikut.

Desain

Dengan bentang layar 14 inci dan desain konvensional, Aspire E1-451G tampak seperti laptop biasa pada umumnya. Sekilas tak ada yang yang menonjol dari penampilan produk ini kecuali dua stiker warna merah yang memuat logo Vision AMD dan Radeon di bagian palmrest.

Unit Aspire E1-451G yang diterima Kompas Tekno dilabur warna hitam mengkilap dengan tekstur garis bergelombang yang menyelubungi seluruh tubuh laptop, termasuk bagian palmrest dan touchpad.

Dengan ketebalan di atas 3 cm dan bobot mencapai kisaran 2,3 kg, kehadiran Aspire E1-451G akan langsung "terasa" begitu dimasukkan ke dalam tas.

Karena relatif tebal, laptop ini pun masih menyertakan optical drive berupa DVD-RW combo drive. Dengan begitu, penggunanya bisa menonton koleksi film DVD serta membaca dan menulis file ke media cakram optis.
Tak seperti model laptop tipis yang kadang terpaksa mengorbankan jenis konektor tertentu demi menekan ukuran fisik, Aspire E1-451G menyertakan deretan port input/output yang cukup lengkap.

Berdampingan dengan drive DVD, di sisi kanan terdapat:
- 1 buah konektor USB 2.0
- 1 buah konektor output jack audio 3,5mm
- 1 buah konektor microphone input 3,5 mm

Sementara di sisi kiri memuat deretan port berikut:
- 1 buah konektor ethernet (RJ-45)
- 1 buah konektor output D-SUB (VGA
- 1 buah konektor output HDMI
- 1 buah konektor USB 2.0
- 1 buah konektor USB 3.0

Ada pula sebuah slot SD-card reader yang ditempatkan di sisi depan, di dekat touchpad.

Layaknya laptop konvensional, penutup casing bagian bawah milik Aspire E1-451G dapat dilepas di beberapa bagian untuk mengakses komponen internal. Sebuah baterai 6 cell berkapasitas 4400 mAh terpasang di sisi belakang, di antara kedua engsel layar. Baterai ini bisa dilepas dan ditukar apabila dirasa perlu.

Perlu diingat bahwa bagian bawah Aspire E1-451G juga memuat lubang-lubang ventilasi utama yang dipakai untuk mendinginkan komponen di dalam laptop. Yang paling penting adalah lubang intake untuk fan prosesor berbentuk bulat.

Agar tak menutup jalur udara ketika Aspire E1-451G sedang bekerja keras, ada baiknya pengguna memakai laptop di atas meja atau permukaan lain yang rata dan tidak bergelombang.

Uji Penggunaan dan Performa

Acer membekali Aspire E1-451G dengan komponen-komponen yang cukup mumpuni untuk ukuran standar masa kini. Dapur pacunya diperkuat prosesor quad-core AMD A8-4500M berkecepatan 1,9 GHz (turbo hingga 2,8 GHz), dipadu 4GB RAM DDR3.

Meski prosesor AMD A8-4500M telah memiliki unit pemroses grafis terintegrasi Radeon HD 7640G, Acer menambahkan discrete graphics berupa Radeon HD 8750M dengan memori 2GB DDR3.

Tambahan kartu grafis tersebut membuat Aspire E1-451G sanggup melahap game "berat" dengan beberapa kompromi pengaturan setting efek visual.

Berbekal sistem operasi Windows 7 64-bit, Kompas Tekno mencoba menjalankan Battlefield 3 dan Crysis 3 untuk melihat performa laptop ini.

Dalam Battlefiled 3 dengan preset setting grafis "high", ternyata Aspire E1-451G bisa mencapai frame rate 30 FPS. Angka tersebut tergantung pada kondisi lingkungan dalam game. Semakin banyak obyek yang harus di-render (misalnya dalam lingkungan outdoor di game) maka angka FPS akan semakin turun.

Ketika preset setting grafis diturunkan menjadi "low", kisaran frame rate pada Battlefield 3 mampu mencapai 60 FPS pada level tertentu.

Hal yang sama tak berlaku untuk Crysis 3 yang tampaknya masih terlalu berat untuk bisa ditangani duet A8-4500M dan Radeon HD 8750M dengan mulus.

Dengan preset setting grafis "high", game ini hanya sanggup berjalan di kisaran 20 FPS dan seringkali jatuh di bawah angka tersebut ketika berlangsung pertempuran sengit. Agar nyaman bermain dengan kisaran frame rate 25-30 FPS, preset setting grafis perlu diturunkan ke setelan "low".

Untuk kegiatan lain seperti browsing, mengolah foto, dan lain-lain, kinerja Aspire E1-451G bisa diandalkan berkat prosesor multi-core dan jumlah RAM yang memadai. Asalkan free memory masih banyak, laptop ini bisa berpindah-pindah aplikasi dengan gesit.

Saat bernavigasi di Windows dan aplikasi, touchpad milik Aspire E1-451G terasa agak kecil dan kurang nyaman. Tapi hal ini bisa mudah diatasi dengan menancapkan mouse ke salah satu port USB yang disediakan.

Layar Aspire E1-451G yang berukuran 14 inci dengan resolusi 1366 x 768 terasa cukup lebar dan nyaman untuk melakukan berbagai macam kegiatan, mulai menghitung angka di spreadsheet hingga menonton film high definition.

Keperluan penyimpanan data ditangani hard disk berkapasitas 500 GB (5400 RPM) yang cukup lega. Medium ini memang tak secepat SSD, tapi ruang storage yang dimilikinya jelas lebih besar.

Acer mengklaim daya tahan baterai Aspire E1-451G bisa mencapai 213 menit atau lebih kurang 4 jam bila dipakai untuk browsing menggunakan WiFi. Angka tersebut cukup bersesuaian dengan pengalaman Kompas Tekno saat menggunakannya, di mana laptop ini bisa bertahan hingga 3,5 jam untuk mengetik, browsing, dan editing foto ringan dengan power profile "balanced".

Hal ini tentu juga dipengaruhi oleh kebiasaan browsing internet oleh pengguna. Saat membuka dua browser dengan jumlah tab mencapai puluhan, lengkap dengan streaming video dan animasi flash, daya tahan baterai bisa merosot di bawah 3 jam.

Bermain game kelas berat juga akan menguras tenaga baterai dalam waktu singkat, di samping memaksa komponen hardware dan kipas pendingin bekerja keras. Ketika dipakai bertempur tanpa henti di Battlefield 3, Aspire E1-451G hanya mampu bertahan kurang dari 1 jam.

Tentu, perlu ditambahkan pula bahwa daya tahan baterai memang bukan poin kelebihan utama Aspire E1-451G. Laptop ini lebih cocok disebut sebagai all-around performer yang siap melayani pengguna melakukan berbagai macam hal, mulai dari bekerja hingga bermain, sambil tetap bisa dibawa-bawa apabila dibutuhkan.

Terlebih lagi, spesifikasi hardware yang diusung -terutama dicrete graphics Radeon HD 8750M- termasuk mumpuni untuk kelasnya.

Kesimpulan

Tubuh Aspire E1-451G memang tak langsing, tetapi laptop konvensional ini menawarkan "pesona" lain berupa kemampuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, termasuk gaming yang biasanya sulit ditangani laptop tipis.

Aspire E1-451G pun bisa dengan mudah difungsikan sebagai komputer utama, pengganti komputer desktop yang duduk di atas meja tetapi siap dibawa dalam perjalanan saat dibutuhkan.

Salah satu kelebihan yang paling menonjol adalah discrete graphics Radeon HD 8750M yang sekaligus membuatnnya menjadi laptop pertama di Indonesia yang dilengkapi grafis Radeon seri HD 8000.

Kartu grafis ini sanggup melarikan kebanyakan judul game dengan lancar, termasuk yang tergolong kelas berat meski dengan sejumlah kompromi.

Dengan harga jual Rp 5.499.000, Aspire E1-451G pun relatif bersahabat dengan kantong konsumen di Indonesia dan bisa dipakai oleh pengguna dari segala kalangan yang memerlukan kinerja all-around dalam satu kemasan portabel.

Aspire E1-451G

Kelebihan:
+ Dilengkapi komponen hardware mumpuni untuk kelasnya
+ Sanggup dipakai bermain game
+ Harga relatif bersahabat

Spesifikasi:
- Daya tahan baterai tidak istimewa
- Touchpad kecil terasa kurang nyaman
- Datang tanpa sistem operasi

Spesifikasi:
Prosesor: AMD A8-4500M (quad-core, 1,9 GHz-2,8 GHz, integrated Radeon HD 7640G)
RAM: 4GB DDR3
Media penyimpanan: 500GB, 5400 RPM
Kartu grafis: AMD Radeon HD 8750M, 2GB DDR3
Layar: 14 inci, 1366x768
Drive optis: DVD Super Multi
Port I/O: 2x USB 2.0, 1x USB 3.0, 1x D-SUB (VGA), 1x HDMI, 1x SD card reader, 1x ethernet (RJ-45), 1x headphone-out, 1x mic-in, WiFi IEEE 802.11b/g/n
Baterai: 6-cell, 4400 mAh
Dimensi: 342x245x31 mm
Sistem operasi: DOS