Babak Pertama, Timnas Indonesia Tahan Serangan Belanda

Jakarta, Driau.com - Laga  internasional antara kesebelasan Indonesia melawan Belanda untuk sementara waktu berkedudukan 0-0 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Timnas Indonesia yang diasuh oleh Jacksen Ferreira Tiago berhasil mengimbangi perlawanan Robin Van Persie cs, Jum'at malam (07-6-2013)

 

Pada lima menit babak pertama kedua tim bermain dalam tempo sedang. Belanda mencoba menyerang melalui sisi pertahanan kiri Indonesia. Sebuah gol sempat tercipta dari tendangan penyerang Manchester United Robin van Persie ke mulut gawang Kurnia Mega. Namun wasit Nagor Amir asal Malaysia menganulir gol tersebut lantaran Van Persie berada dalam posisi offside.

 

Indonesia kemudian mencoba membangun serangan melalui barisan tengah yang dimotori oleh Greg Nwokolo. Namun serangan Indonesia kerap kandas di barisan pertahanan Belanda. Pada menit ke-13 Belanda melakukan pergantian pemain. Pemain depan Jeremain Lens digantikan oleh Arjen Robben karena ditimpa cidera.

 

Berkali-kali tim asuhan Louis Van Gaal melakukan serangan dari berbagai lini tapi disiplinnya barisan pertahanan Indonesia mampu mementahkan serangan yang dibangun oleh Wesley Sneijder. Beberapa kali pula Van Persie, pemain sayap Bayern Munchen Arjen Robben memperlihatkan kemampuan mengolah si kulit bundar tapi pemain bertahan Indonesia mampu mengatasinya.

 

Pada menit ke-22, kapten tim Indonesia Boaz Solossa menciptakan peluang emas dengan menggiring bola dari tengah lapangan. Mendapat pengawalan ketat dari bek lawan, tendangan Boaz melambung jauh dari gawang Belanda yang dijaga oleh Jasper Cillessen.

 

Pada menit ke-25 wasit menghentikan pertandingan selama satu menit. Kedua tim memanfaatkannya dengan minum dan berkoordinasi. Tak jelas apa yang menghentikan pertandingan padahal tidak terjadi pelanggaran dalam laga.

 

Belanda terus menyerang pertahanan Indonesia. Beberapa kali Belanda memiliki peluang emas untuk mencetak gol, tapi selalu kandas dalam penyelesaian. Tak mau kalah, Indonesia pun terus menekan melalui sisi kanan Belanda dan mencoba tendangan jauh dari luar kotak penalti.

 

Wasit mengeluarkan kartu kuning pertama untuk Indonesia. Victor Igbonefo mendapat kartu kuning lantaran menjatuhkan Van Persie. Indonesia patut berterimakasih atas kecemerlangan penampilan kiper Kurnia Meiga dalam menjaga mistar gawang. (*)

 

* kontibutor jkt//wed