Duta Pemuda Taiwan Ke Balige

Balige, Driau.com - Delegasi duta pemuda Taiwan yang terdiri atas enam mahasiswa kedokteran dan seorang dosen Universitas Kedokteran Taipei mengadakan pertukaran budaya dengan siswa SMA 2 Balige,  Toba, Sumatera Utara,  Kamis  (29/8).

Di sana mereka disambut dengan tarian tradisional Batak dan lagu Mandarin, “Kita Semua Satu Keluarga”. Sebaliknya delegasi pemuda Taiwan menyanyikan lagu “Bulan Mewakili Hati Saya”.

Kepala Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei di Jakarta, Andrew Hsia, mengharapkan melalui pertukaran budaya tersebut, para pemuda bisa memiliki perspektif internasional. Dia juga menjelaskan bagaimana hubungan Taiwan dengan Indonesia.

Delegasi Duta Pemuda Taiwan 2013 dipimpin oleh Wakil Dosen Departemen Kedokteran Universitas Kedokteran Taipei, Yang Liang You.   

Sebelum bertolak ke Sumatera, selain mengunjungi kantor TETO, mereka juga menyempatkan diri mengenal budaya Indonesia melalui Taman Mini Indonesia Indah dan Museum Soeharto.

SMA 2 Balige  yang dikelola Yayasan Soposurung dipilih antara lain lantaran adanya kesamaan bahasa maupun budaya suku Batak dan suku asli Taiwan.

SMA Soposurung didirikan oleh TB Silalahi, dengan tujuan memberikan pendidikan holistik kepada siswa berprestasi dari keluarga miskin.   Setiap tahun 1.500 siswa SMP mendaftar dan hanya 90 orang  yang diterima.


Program pertukaran pemuda Taiwan sudah dilakukan sejak tahun 2009. Kali ini, selain memperkenalkan adat istiadat Taiwan dan festival tradisional, mereka juga memperkenalkan pembuatan sachet festival perahu naga, pengobatan Cina, dan menciptakan kartu pos unik dengan menggunakan sistem informasi piranti lunak yang sederhana. (Rls)