The New York Times Diretas Oleh Suriah

Driau.com -- Situs The New York Times website tak bisa diakses selama beberapa jam pada 14 Agustus lalu. Mereka hanya mengumumkan, terdapat 'kesalahan teknis' sehingga situs itu berhenti beroperasi. 

Kini, penyebab sebenarnya berhenti beroperasinya NYT itu terungkap. Menurut mereka, tak bisa diaksesnya situs mereka merupakan puncak dari sebuah upaya peretasan yang dilakukan sejak dua pekan sebelumnya. kamis (29/8)

Dari mana sumber serangan? Mereka tunjuk hidung: Suriah. 

"Hasil penelusuran mengarahkan serangan berasal dari Syrian Electronic Army atau pihak yang berusaha sangat keras untuk tampak seperti mereka," kata Chief Information Officer NYT, Marc Frons. 

Pembenahan, katanya, kini masih terus dilakukan. Seiring dengan itu, mereka juga meminta seluruh karyawan NYT untuk berhati-hati saat mengirim dan menerima pesan e-mail. "Kehati-hatian perlu dilakukan sampai semua persoalan terpecahkan," katanya. 


Matt Johansen, pimpinan Threat Research Center di White Hat Security, dalam tweet-nya menyatakan serangan positif berasal dari domain web di Suriah. Namun ia enggan untuk menyebut lembaga di balik serangan itu. (*)

THE HOLLYWOOD REPORTER | TRIP B