Festival Bekudo Bono (Bono Surfing)


Festival Bekudo Bono - Sebuah festival wisata digelar oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Pemkab Pelalawan melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) menggelar acara Bekudo Bono dimulai dari tanggal 16 hingga 22 November nanti di Kecamatan Teluk Meranti. Untuk acara puncaknya jatu ke tanggal 19 November dan dihadiri oleh Wakil Mentri Pariwisata RI. Disitu juga ombak Bono terbesar dan perlombaan para peselancar. Persiapan sudah 100 persen dan tinggal acara pelaksanaannya aja kita tunggu," ujar Kepala Disbudparpora, Zulkifli, Jumat (15/11). Dijelaskannya, rangkaian kegiatan diawali dengan kontes memancing di Sungai Kampar.

Selain kegiatan di atas, akan digelar juga lomba fotografi dengan objek para peselancar saat bermain Ombak Bono Kampar. Dilanjutkan festival budaya dan seni, hingga perlombaan berselancar di ombak bono (Bono Surfing). Pusat lokasi acara, selain di Sungai Kampar, ditempatkan di halaman kantor camat Teluk Meranti selama satu pekan, untuk menghindari banjir.

Festival Bekudo Bono (Bono Surfing)

Tujuan acara ini, lanjut Zulkifly, untuk mempromosikan kembali keindahan wisata Ombak Bono di Sungai Kampar Teluk Meranti ke mata nasional, internasional hingga dunia. Disamping itu, menggali kembali kebudayaan dan seni asli di Teluk Meranti khususnya dan secara umum di Pelalawan. Melalui festival seni dan budaya serta keterlibatan masyarakat lokal.

Festival Bakudo Bono yang ditaja oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan dibawah koordinator Disbudpora menyedot anggaran Rp1,1 milyar. Kegiatan itu hanya diselenggarakan, selama sepekan, terhitung sejak 16-23 November mendatang. Sampai saat ini yang bakal ikut kegiatan itu baru beberapa orang saja perselencar nasional bersedia hadir. Tidak itu saja, panitia setakad ini, masih melaku lobi untuk mendatangkan Menteri Pariwisata.

"Benar itu, untuk budget atau anggaran Festival Bekudo Bono (Bono Surfing) menelan biaya, Rp 1,1 milyar. Dana itukan sudah, dianggarkan di APBD," papar Kadisbudparpora Pelalawan, Zulkifli S.Ag, Selasa (12/11/13). Sebanyak 38 peselancar terdiri dari 25 peselancar Lokal, 10 peselancar nasional dan 3 peselancar luar negeri akan ikut dalam kegiatan Bekudo Bono. Untuk Pentas Seni dan Budaya akan diikuti 8 Kabupaten Kota yang telah menyatakan siap ikut berpartisipasi. Selain itu juga akan digelar bazaar.

Gambar milik :
www.bonokampar.com
www.attayaya.net
Marlon Gerber, peselancar asal Bali (http://www.tempo.co/read/beritafoto/11519/Berselancar-di-Gelombang-Bono-Sungai-Kampar-Riau/3)