Cara Alami Hilangkan Komedo

 Setelah bermasalah dengan jerawat, ternyata komedo menempati urutan kedua membuat kita tidak percaya diri. Keduanya memiliki persamaan yakni sama-sama sulit dihilangkan. Tapi tenang saja, walau susah dihilangkan, tapi tetap saja keduanya bisa hilang. Untuk komedo, dapat diatasi dengan bahan-bahan alami yang bisa kita temukan di sekitar kita.

Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo:

1.    Madu
Madu ternyata berkhasiat untuk menghilangkan komedo. Biasanya banyak yang takut menggunakan facial pada bagian hidung karena dianggap akan memperparah komedo karena terbuat dari krim/minyak.
Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya cukup mengoleskan madu yang sebelumnya sudah dihangatkan pada daerah sekitar hidung yang diserang komedo. Kemudian berikan pijatan ringan dengan gerakan memutar lalu diamkan hingga 15 menit. Setelah itu bilas dengan air suam-suam kuku.

2. Anggur
Buah yang satu ini ternyata bagus untuk menghilangkan komedo. Anggur mengandung antioksidan sekaligus kaya dengan vitamin C. Anggur yang segar dapat mengecilkan pori-pori sehingga komedo yang bandel akan menghilang.

Anda cukup mengambil satu buah anggur lalu dibuang bijinya dan kemudian dilumatkan. Lumatan anggur kemudian diletakkan pada daerah yang berkomedo. Kemudian Diamkan selama 10 hingga 15 menit dan bilas dengan air dingin.

2. Kunyit
Bumbu dapur ini ternyata juga berkhasiat menghilangkan komedo. Kunyit merupakan bahan alami untuk mengurangi infeksi dan menghilangkan komedo. Untuk memudahkan pakailah kunyit bubuk yang belum dicampur bahan lainnya.
Satu sendok bubuk kunyit  dicampur dengan 1 sdt air dari daun mint. Campurlah kunyit dan mint hingga membentuk pasta. Setelah itu oleskan pada hidung. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air suam-suam kuku.

3. Kulit Jeruk
Setelah membaca artikel ini, anda pasti tidak akan membuang kulit jeruk yang sudah anda makan. Kandungan vitamin C dan kadar asam pada kulit jeruk bisa membantu mengurangi kadar minyak sekaligus mengusir komedo.

Caranya: Lumatkan kulit jeruk dengan sedikit air hingga menjadi adonan pasta. Aplikasikan pada hidung dan beri sedikit pijatan. Diamkan hingga 15 menit lalu bilas dengan air dingin. Bila hidung sangat banyak ditumbuhi bintik komedo, ulangi lagi langkah ini.

4. Teh Hijau
Daun teh hijau adalah senjata yang ampuh mengenyahkan komedo. Selain membuat komedo sirna, kandungan antioksidan pada teh hijau akan membuat kulit lebih segar dan rileks.

Caranya: Tumbuk 1 sdt daun teh hijau dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Oleskan pada area yang bermasalah dengan komedo, lalu beri pijatan. Tetap pijat area berkomedo hingga 5 menit, kemudian bilas dengan air suam-suam kuku.

Sebenernya komedo muncul karena kita jarang membersihkan wajah dari kotoran-kotoran menumpuk. Terutama dari kotoran dari bahan-bahan kosmetik. Maka dari itu bersihkanlah wajah anda dari sisa-sisa make up yang dapat menyebabkan komedo.