Keuntungan Bisnis Investasi Emas

Sebelum memulai usaha bisnis investasi, yang penting untuk Anda ketahui adalah bagaimana peluang untuk mendapatkan keuntungan dari usaha investasi tersebut. Kemungkinan untung rugi dan resiko apa saja yang mungkin akan terjadi. Emas sebagai logam mulia, kini menjadi salah satu objek investasi paling popular di tengah masyarakat. Mengapa demikian? Tentu saja alasannya karena banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menjalankan bisnis investasi emas. Apa saja keuntungan tersebut? Berikut diantaranya: 

1. Tahukah Anda, emas sangat liquid bila dibandingkan dengan investasi lainnya seperti saham, forex dan sebagainya. Sebagai contoh misalnya Anda terdesak membutuhkan biaya untuk mengobati keluarga yang sakit, emas dapat dengan mudah Anda jual di berbagai tempat seperti toko mas, pegadaian, bank atau kepada mereka yang membutuhkan emas sebagai barang tabungan. 

2. Kekayaan emas bebas pajak, berapapun jumlah emas yang Anda miliki, Anda tidak akan dikenakan biaya pajak. Hal ini berdasar pada peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 15/Pj/2011 Tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-57/Pj/2010, Tentang Tata Cara Dan Prosedur Pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22 Sehubungan Dengan Pembayaran Atas Penyerahan Barang Dan Kegiatan Di Bidang Impor Atau Kegiatan Usaha Di Bidang Lain. Bagi setiap pemilik emas batangan seberapa pun berat dan banyaknya tidak akan dikenakan pajak, karena emas merupakan komoditi produksi. Namun bagi yang muslim tetap dikenakan kewajiban zakat. 

 3. Keuntungan utama dari Investasi dalam Logam Mulia seperti Emas adalah kita bisa menggunakannya sebagai Alat Pembayaran yang berlaku di seluruh dunia. Atau bisa dikatakan bahwa Emas adalah suatu bentuk Mata Uang yang Universal karena berlaku di seluruh negara di planet ini. Kelebihan lain dari Emas adalah Nilainya yang cenderung selalu meningkat seiring dengan kenaikan inflasi. 

4. Dalam keadaaan darurat maka Emas Batangan juga lebih mudah dan ringkas untuk dibawa dibandingkan jika harus membawa uang dalam jumlah besar. Manfaat lain yaitu Nilai Emas meningkat tanpa merubah bentuk, ukuran dan berat barangnya sehingga lebih efisien. 5. Emas bisa dirubah bentuknya sesuai keinginan kita tanpa mempengaruhi nilainya. 

5. Keunggulan Emas yang Nilainya cenderung selalu meningkat searah dengan kenaikan tingkat inflasi maka Investasi Emas bisa dijadikan sebagai Penyeimbang Positif dalam Portofolio Investasi kita. Atau bisa juga dipergunakan sebagai bagian dari Dana Darurat, dibandingkan jika kita menyimpannya dalam bentuk Uang yang punya sifat sensitif terhadap perubahan inflasi, atau nilainya bersifat fluktuatif jika disimpan dalam jenis Investasi lainnya. 

6. Dengan memiliki emas, Anda bisa mengubahnya menjadi modal usaha. Hanya saja ada manfaat spesial membuka usaha dengan modal emas dibanding dengan tabungan. Emas yang Anda miliki jangan langsung dijual dan ditukar menjadi uang. 

7. Namun, emas tersebut bisa digadaikan untuk modal buka usaha. Lalu hasil gadai emas tersebut dapat dijadikan dana segar untuk membuka usaha dan memutarnya hingga menghasilkan keuntungan. Anda harus pintar berkalkulasi agar hasil keuntungan berusaha digunakan sebagian untuk mencicil kembali emas Anda. Pada akhirnya Anda akan meraup keuntungan ganda yaitu emas kembali dan aset usaha dari bisnis Anda. 

Namun demikian, beberapa hal yang biasanya menjadi kendala orang untuk berinvestasi emas adalah karena repotnya menyimpan barang berharga tersebut. Tapi Anda tak perlu khawatir karena banyak bank dan gerai emas yang bersedia menyimpankan tabungan emas milik Anda.