Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Tahun 2015 dijangkakan sebagai tahun yang menjadi puncak peningkatan jumlah para pebelanja online. Belanja online menjadi satu trend yang dikenal seluruh masyarakat, tak hanya di kota, masyarakat desa pun kini mulai senang berbelanja online. Meskipun membuat ketagihan, sebagian orang mengaku malas belanja online karena takut tertipu. 

Ya, nyatanya memang tak sedikit orang yang tertipu saat berbelanja online. Mulai dari toko yang fiktif, barang yang tak sesuai pesanan sampai penipuan uang jutaan rupiah banyak dialami orang. Lalu bagaimana solusinya? Anda pastikan harus mengetahui bagaimana tips belanja online agar tidak tertipu. Berikut ini beberapa caranya: 

1. Perhatikan bentuk toko online yang dibangun, toko online yang lengkap dan mahal menjadi salah satu tolak ukur bahwa toko itu asli dan tidak menipu. Jangan tertarik dengan harga murah yang ditawarkan oleh toko-toko online dengan domain gratisan, karena banyak ditemukan para penipu menggunakan toko online dengan blog karena mudah dihapus.

2. Perhatikan spesifikasi yang ditampilkan dan bukan foto produk. Banyak produk yang tidak sesuai dengan fotonya, jadi jangan tergiur dengan foto. Pastikan Anda mendapatkan keterangan lengkap produk tersebut. 

3. Untuk produk dengan harga yang mahal, usahakan agar tidak sembarangan membelinya secara online. Seperti misalnya elektronik, karena produk ini merupakan produk yang paling rentan dengan penipuan. 

Belanja di mall online yang besar memang harganya agak mahal, namun memberi sedikit jaminan tidak ditipu. Meskipun demikian, toko online sekelas Lazada juga pernah kemasukan penipu. Jadi intinya memang terpulang pada Anda sendiri. Jika sudah menemukan tempat berbelanja yang nyaman, Anda bisa menjadikannya sebagai langganan.