Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Kelapa muda selain air dan buahnya yang segar untuk diminum, ternyata juga memiliki banyak khasiat, terutama bagi ibu hamil. Mungkin kita sering mendengar petuah orang tua, bagi ibu hamil sebaiknya banyak-banyak mengkonsumsi air kelapa muda supaya anaknya bersih dan cantik, benarkah demikian? Meski tak seutuhnya benar, tapi air kelapa muda memang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk seorang ibu yang sedang hamil. Berikut ini beberapa manfaat khasiat daging dan air kelapa muda untuk ibu hamil: 

1. Menurunkan kolesterol 

Air kelapa adalah bebas lemak dan memiliki nol kolesterol. Air kelapa juga meningkatkan tingkat kolesterol HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Air kelapa dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap rendah selama kehamilan. 

2. Anti virus 

Air kelapa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Air kelapa memiliki sifat anti-virus, anti-jamur, anti-bakteri, dan dapat membantu mencegah penyebaran virus flu, herpes, bahkan HIV selama kehamilan. 

3. Mengurangi dehidrasi 

Selama kehamilan, seorang perempuan mungkin mengalami kelelahan dan dehidrasi. Hal itu dapat diatasi dengan air kelapa. Kurang garam juga dapat diatasi dengan air kelapa. 

4. Mencegah mulas 

Kelapa membantu mencegah dan mengobati rasa mulas saat hamil. Mengonsumsi daging kelapa juga dapat membersihkan saluran pencernaan. Selain itu kelapa bisa mencegah sembelit atau konstipasi. 

5. Mencegah ISK 

Banyak perempuan menderita infeksi saluran kemih (ISK) selama kehamilan. Infeksi itu dapat dicegah dengan mengkonsumsi air kelapa, yang merupakan diuretik alami. Minum air kelapa juga dapat membantu melancarkan buang air kecil.