Pekanbaru dan Medan Alami Suhu Panas



Bagi warga Pekanbaru yang menjalankan ibadah puasa dihimbau untuk memperbanyak konsumsi air pada saat berbuka. Temperatur suhu udara maksimum di Kota Pekanbaru dalam beberapa hari belakangan ini cukup panas. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun merilis dalam pekan ini suhu maksimum itu mencapai 35 derajat celsius. Angka ini masih kategori normal. 

‘’Dalam pekan ini suhu maksimum tertinggi itu terjadi di Senin (9/6) yaitu 35 derajat celsius,’’ kata Kepala Stasiun BMKG, melalui staf analisa Sanya Gautami kepada Riau Pos, Rabu (11/6). 

Dilanjutkan Sanya, untuk temperatur suhu pada Rabu kemarin, update pukul 15.00 WIB mencapai 34,5 derajat. Diprediksi untuk maksimum bisa mencapai 34,7 derajat celsius. 

‘’Angka temparatur suhu maksimum ini sama dengan sehari sebelumnya (Selasa, red) 34,7 derajat celsius,’’ ujarnya. 

Hal serupa juga terjadi di Sumatera Utara. Cuaca panas di Kota Medan diprediksi terjadi hingga bulan Juli mendatang. Sementara itu, suhu mencapai 36 derajat celcius diprediksi tetap berpotensi terjadi hingga akhir bulan Juni. Hal ini disampaikan oleh Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Sunardi kepada wartawan, Selasa (23/6/2015). 

Dijelaskannya lagi, suhu maksimum 36 derajat celsius terjadi karena posisi matahari berada di belahan bumi bagian utara dan satu posisi dengan Sumut yang letaknya dibagian utara bumi.

"Pola angin monsun barat daya bersifat menyebar sehingga mengganggu pembentukan awan yang mengandung air, akibatnya awan akan sulit terbentuk dan sengatan matahari menembus bumi tanpa dihalangi awan," katanya. Ia membenarkan, pihaknya mencatat, pada Senin (22/6/2015) pukul 12.00 Wib, suhu mencapai 34,8 derajat celsius, sejam berikutnya terus meningkat.

"Pada hari Senin suhu mencapai 35,6 derajat celsius pukul 13.00 Wib dan teus meningkat hingga 36 derajat celcius dan kita pekirakan tetap berpotensi mencapai suhu maksimum 36 derajat celsius hingga akhir bulan," katanya.