Pekanbaru dan Siak Pelayanan BPJS Terbaik, Kampar Terburuk

Kampar dinilai sebagai kawasan dengan pelayanan BPJS terburuk di Riau. Hal ini didasarkan pada banyaknya data yang masuk menyatakan complain pada pelayanan jaminan kesehatan di daerah tersebut. Data ini diungkapkan oleh Asisten Bidang Pengaduan dan Penyelesaian Laporan ORI Riau Bambang Pratama pada kunjungan Tim Ombudsman Republik Indonesia (ORI) yang dipimpin oleh Ibnu Hajar Zayyad selaku Koordinator Penyelesaian Laporan Bidang Kesehatan Ombudsman Pusat di RSUD Bangkinang, Kamis (8/10/2015). 

"Dalam kunjungan Ombudsman Pusat ini, dipilih daerah yang pelayanan BPJS-nya dinilai terbaik dan terburuk. Terbaik itu di Pekanbaru dan Siak. Yang terburuk di Kampar," kata Bambang. 

Menurut Bambang, penilaian kualitas pelayanan itu berdasarkan jumlah laporan atau pengaduan dari masyarakat. Disebutkan, Ombudsman menerima komplain terbanyak dari Kampar. Bambang menjelaskan, ORI mewawancarai pasien BPJS yang kebetulan berada di RSUD Bangkinang. Wawancara itu untuk memperkuat data penilaian yang dimiliki ORI. Selain itu, pihak Rumah Sakit juga diwawancarai. Ia mengatakan, ORI juga mengunjungi salah satu Puskesmas di Kampar dengan agenda yang sama. 

"Hasil kunjungan itu nantinya akan dianalisa. Baru dikeluarkan rekomendasi," pungkas Bambang.