Kompetisi Tangkap Pokemon Go, Mau Gabung?

Pokemon Go saat ini tidak hanya dinikmati sebagai game permainan pribadi, namun komunitas-komunitas mulai menaja even perlombaan berburu pokemon. Mungkin Anda juga bisa mencoba mengadakannya di tempat tinggal Anda.

Jika ingin menggarapnya, Anda bisa belajar dari perlombaan tangkap Pokemon Go yang diadakan oleh Kaskus, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Kaskus membentuk komunitas para pecinta Pokomon Go secara khusus yang diberi nama POKUS (Pokemon Go Kaskus). Komunitas ini memiliki banyak hal perbincangan tentang Pokemon Go, termasuk juga menggelar kompetisi perburuan pokemon di dunia nyata.

"Kompetisi menangkap Pokemon ini baru yang pertama kalinya dilaksanakan oleh komunitas POKUS. Kami sangat senang karena antusiasme cukup besar," ujar Leonardus K. Putranto, Event & Community Manager Kaskus.

Pendaftaran online dibuka Rabu (21/0) pukul 21.00 WIB di forum dan sudah berhasil mengumpulkan 1.000 trainer dalam waktu kurang lebih 12 jam saja. Kompetisi menangkap Pokemon kemarin pun berhasil diselesaikan dalam waktu 15 menit.

Untuk mendukung kompetisi tersebut tim Kaskus menyebarkan 5 lure di sekitar kawasan FX Sudirman Jakarta.

Pemenang yang terpilih adalah lima trainer tercepat yang berhasil mengumpulkan Pokemon sebanyak 20 buah dan masing-masing trainer mendapatkan hadiah 14.500 Poke Coins senilai Rp 1,5 juta.

Kaskus turut meramaikan fenomena Pokemon Go yang tengah menjadi sorotan masyarakat, dengan membuat subforum khusus yang membahas permainan tersebut.

"Di Kaskus sendiri, kami selalu berusaha untuk terus update dengan fenomena sekitar. Kami melihat banyak thread yang bermunculan di lounge forum semenjak booming-nya permainan ini," kata Ronny W. Sugiadha, Chief Marketing Officer Kaskus, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta Kamis (28/7).

Menurut dia, hal itu menandakan bahwa memang banyak pengguna yang juga bermain Pokemon Go, dari situ Kaskus berusaha memfasilitasi mereka dengan membuatkan sub forum sendiri khusus Pokemon Go, sehingga diskusi bisa lebih terorganisir dengan baik.

Kurang dari dua minggu setelah mencapai 10 juta unduhan semenjak kehadirannya, kini sensasi gim daring perburuan Pokemon tersebut telah mendaki 50 juta unduhan hanya pada pengguna android.

Disamping jumlah unduhan via android yang sudah mencapai 50 juta unduhan, total unduhan melalui iOS belum diketahui jumlahnya.

Namun, para analis gim menilai Apple mampu mengantongi tiga miliar dollar keuntungan dalam dua tahun kedepan melalui Pokemon Go. Dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 21 juta pengguna dalam sehari, gim daring pemburu Pikachu tersebut telah sukses mencatatkan diri sebagai pemuncak klasemen gim dengan pengguna terbanyak sepanjang sejarah Amerika.

Sementara itu, untuk kalangan benua Eropa, gim daring tersebut baru saja dirilis secara resmi, dengan negara terakhir penerima akses resmi dari gim buatan Niantic tersebut adalah tuan rumah Piala Eropa 2016, Prancis.