Rahasia Wawancara Kredit Bank Agar Diterima

Kebutuhan akan pembiayaan bisnis terkadang menuntut kita untuk meminta bantuan pada pihak ketiga seperti bank sebagai sumber suntikan dana modal. 

Di tengah kondisi ekonomi yang sulit, pihak perbankan semakin sulit mengabulkan permintaan kredit pinjaman pembiayaan bagi nasabahnya. Terlebih lagi jika Anda tak tau bagaimana tips agar wawancara Anda diterima. Berikut ini tips cara menjawab pertanyaan wawancara saat akan mengajukan kredit pinjaman di bank: 

Menghadiri Wawancara Tepat Waktu 

Biasanya pihak bank terkait akan memberitahukan lewat telepon, jauh hari sebelum wawancara tersebut dilakukan. Sebaiknya datang dengan membawa dokumen penting yang diperlukan, dan usahakan untuk datang tepat waktu. 

Datanglah sekitar 10 menit sebelum wawancara dimulai. Nasabah yang disiplin tentunya mencerminkan nilai lebih untuk pihak bank, karena ini berkaitan dengan cara Anda yang juga akan membayar cicilan tepat waktu nantinya. 

Jadilah Nasabah yang Percaya Diri 

Saat menghadapi wawancara kredit, Anda juga harus selalu percaya diri. Yakin saja, bahwa pengajuan kredit tersebut akan disetujui oleh pihak bank. 

Pihak bank tentunya akan sangat senang melihat nasabahnya yang begitu percaya diri untuk mengajukan permohonan kredit, karena tentu saja akan membawa keuntungan bagi pihaknya. Anda bisa memakai pakaian yang formal saat akan dilakukan wawancara ini. 

Pastikan Anda adalah Pekerja atau Pekerja Sendiri yang Punya Penghasilan 

Dalam wawancara dengan pihak Bank, pertanyaan seputar pekerjaan tentu akan menjadi hal yang sangat penting. 

Pertanyaan yang ditanyakan mengenai hal tersebut, biasanya berbunyi sudah berapa lama anda bekerja di perusahaan sekarang. 

Atau apakah ini pekerjaan tetap. Pertanyaan semacam ini tentunya berkaitan dengan kemampuan melakukan cicilan kredit nantinya. 

Pertanyaan Seputar Gaji dan keuangan Pribadi 

Pihak Bank juga biasanya akan menanyakan masalah gaji atau penghasilan anda selama sebulan. Jika pekerjaan Anda tetap, maka akan ditanya berapa gaji. Jika istri juga bekerja atau memiliki penghasilan, biasanya hal ini juga akan ditanyakan. 

Selain dari pekerjaan tetap, biasanya pihak bank juga akan bertanya tentang adakah pekerjaan tambahan lainnya. Pihak bank biasanya mengharapkan bahwa pengeluaran nasabahnya ini hanya 1/3 dari total pendapatannya. Sisanya, 2/3 agar bisa digunakan untuk membayar cicilan. 

Pertanyaan Masalah Utang 

Masalah utang ini, pihak bank juga biasanya akan mempertanyakan seberapa besar Anda memiliki utang. Pihaknya juga akan bertanya, bagaimana cara melakukan pelunasan cicilan kredit terhadap semua utang tersebut. 

Sebaiknya jelaskan secara jujur, seberapa besar utang Anda dan tidak usah khawatir, karena jika tidak pernah mengalami kredit macet pihak bank pasti akan mengabulkan permohonan kredit. 

Semoga Kredit Anda Diterima! 

Setelah wawancara selesai dilakukan dan tanpa hambatan, seluruh dokumen juga sudah dilengkapi dan diterima pihak bank terkait, Anda yang perlu berdoa saja, semoga pengajuan kredit tersebut dapat dikabulkan oleh pihak bank. 

Dengan dasar pertanyaan wawancara tadi, dan tidak ada masalah di dalamnya, mudah-mudahan kredit akan diterima.