3 Menu Buka Puasa Ala Korea Yang Menggugah Selera

Kalau kamu penggemar berat segala sesuatu tentang Korea, barangkali kamu juga bisa mengambil inspirasi makanan berbuka asal Korea. Ada banyak jenis makanan Korea yang juga pas kamu jadikan sebagai menu hidangan saat berbuka. 

Mulai dari menu buah segar hingga makanan berat untuk makanan malam. Demikian juga cemilan ringan ala Korea, ada beberapa jenis yang memang sesuai untuk berbuka puasa, terlebih di musim panas. Nah, berikut ini beberapa menu makanan ala Korea yang cocok dijadikan sebagai menu saat berbuka puasa tiba: 

1. Minuman segar patbingsu 

foto: Korea bapsang
Jika di Indonesia kita mengenal istilah es campur, maka di Korea kita juga bisa menemukan minuman sejenis bernama patbingsu. Minuman ini berisi buah-buah segar yang ditimbunkan pada parutan es batu, cairan gula, susu dan santan. Benar-benar menjadi menu berbuka yang sangat nikmat, terlebih jika seharian cuaca panas terik. Kandungan buah segar yang ada dalam minuman ini akan membuat tubuh kembali segar. 

2. Hotteok 

foto: Korean Bapsang
Salah satu cemilan berbuka dengan rasa manis yang cocok dijadikan sebagai santapan adalah yang disebut Hotteok. Bentuknya pipih seperti kue gepeng dengan isi gula dan bagian luarnya sedikit coklat karena dibakar. Kue ini rasanya manis, cocok untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa di bulan Ramadhan. Kalau kamu berbuka di tengah jalan, makanan ini juga bisa dijadikan sebagai pilihan santapan. 

3. Bulgogi 

Salah satu lauk yang cocok dijadikan menu santapan berbuka adalah bulgogi. Menu ini berbentuk sewiran daging sapi yang sudah dioseng atau dipanggang. Sebelumnya, daging tersebut telah dicampur dengan bahan-bahan seperti kecap, gula, bawang putih, lada, minyak wijen, dan bumbu yang lainnya. Pada penyajiannya, suwiran daging yang dicampur dengan sedikit sayur itu diletakkan di atas nasi putih dalam piring. 

Ada banyak lagi jenis makanan khas Korea untuk berbuka. Ada makanan yang berbahan dasar mie, aneka sup dan sebagainya. Makanan ini banyak dinikmati para pecinta kuliner Korea untuk berbuka puasa.