Trik Sederhana Untuk Jadi Travel Vlogger Keren

sumber : pixabay
 Di era digital ini, membuat video blog tentang  traveling atau yang dikenal dengan sebutan travel vloging adalah salah satu cara menarik untuk membagikan cerita liburan. Melalui travel vlog, para traveller bisa berbagi keseruan liburan kepada orang lain secara audio visual. Beberapa travel vlogger bahkan menjadikan cerita liburan mereka sebagai sumber penghasilan yang menggiurkan. Menariknya, travel vloging ini bisa dilakukan oleh siapapun.

Tapi untuk menjadi seorang travel vlogger yang keren, tentu tidak bisa hanya dengan modal kamera, tiket liburan, atau nekat saja. Hal ini karena para travel vlogger harus mampu menciptakan konten yang menarik, baik secara visual, audio, atau story.

Meskipun begitu, kamu tidak perlu repot sekolah broadcasting atau pariwisata agar bisa membuat konten travel vlog yang kece. Sebenarnya, ada beberapa trik sederhana yang bisa kamu lakukan supaya menghasilkan konten travel vlog yang menarik, misalnya:

Jangan Malas Ambil Gambar
Trik pertama untuk menghasilkan konten menarik adalah rajin mengambil gambar atau footage video. Lakukan hal ini saat sedang liburan atau pun melakukan aktifitas sehari-hari. Dengan memiliki banyak footage, kamu bisa membuat konten video yang lebih bervariatif.

Beberapa footage yang bisa kamu ambil saat sedang melakukan aktifitas sehari-hari diantaranya adalah video langkah kaki, mengikat tali sepatu, packing barang, rintik hujan yang jatuh di kaca mobil, lalu lintas kota yang padat, dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya footage ini kamu dapat mempelajari mana hasil rekaman yang bagus dan tidak sebagai perbandingan untuk pengambilan video selanjutnya.

sumber: pixabay
Think Different
Kamu tahu kan kenapa produk Apple bisa sangat digemari? Ini karena Apple punya suatu ciri khas yang tidak dimiliki oleh para pesaingnya. Begitu pun dengan konten video liburan yang mau kamu buat. Untuk menghasilkan video yang menarik, tentunya kamu harus bisa membuat konten yang unik dan memiliki ciri khas sendiri. Ciri khas yang bisa kamu tonjolkan antara lain cara bicara, angle video, destinasi wisata yang anti-mainstream, atau cara editing video. 

Salah satu travel vlogger yang memiliki ciri khas dalam konten videonya adalah Sam Kolder dengan channel Youtube bernama ‘Kold’. Travel vlogger asal Kanada ini menerapkan transisi unik di setiap vlog-nya. Dengan menerapkan ciri khas ini secara konsisten, Sam Kolder pun menjadi terkenal dan video buatannya mampu menginspirasi travel vlogger lainnya dari seluruh dunia.

Rajin Melihat Travel Vlog Lain
Meskipun harus membuat video blog yang berbeda, bukan berarti kamu bisa mengabaikan konten vlog yang dibuat oleh orang lain. Dengan rajin melihat video milik orang lain, justru kamu bisa belajar banyak dari mereka mengenai cara pengambilan gambar yang bagus, cara berbicara di depan kamera, mengetahun tren liburan terbaru, sampai cara untuk mendekati orang asing yang ditemui di tempat wisata.

Selain itu kamu juga bisa mengundang banyak orang untuk menonton video yang kamu buat, dengan cara meninggalkan jejak berupa pesan di kolom komentar yang ada pada vlog milik orang lain.

Lakukan Karena Senang
Jangan langsung terjun menjadi travel vlogger dengan tujuan mencari uang. Untuk bisa meraup uang banyak dari video blogging diperlukan kesabaran dan usaha yang ekstra. Jadi sebelum vlog buatanmu bisa menghasilkan uang, buatlah vlog dengan tujuan untuk bersenang-senang. Kalau kamu senang melakukannya, maka video buatanmu pun akan terasa lebih bernyawa. Kamu juga tidak akan pernah kehilangan semangat untuk belajar dan membuat video blog selanjutnya, saat video yang kamu buat tidak mampu menarik banyak penonton

Tapi kalau kamu langsung berorientasi pada uang, maka kamu akan tertekan dan merasa kecewa jika uang yang kamu dapat dari membuat travel vlog justru di bawah ekspektasi kamu. Pada akhirnya, kamu pun bisa kehilangan passion untuk membuat video blog selanjutnya.

Lagi pula, travel vlog itu dibuat untuk berbagi kesenangan dengan penonton. Kalau vlog tersebut tidak dibuat dengan rasa senang, maka yang kamu lakukan justru menjadi sia-sia, bukan?

Mulai dari Destinasi Wisata yang Terjangkau
Konten vlog yang menarik tidak melulu ditentukan oleh seberapa jauh lokasi video itu di buat. Jadi, kamu bisa mulai membuat vlog yang bercerita tentang tempat wisata yang ada di dekat tempat tinggalmu.

Terkadang, destinasi wisata yang ada di dekat rumahmu justru jarang diketahui banyak orang. Dengan membuat vlog tentang tempat tersebut, vlog buatanmu pun akan terlihat berbeda dan menarik untuk ditonton.

Contohnya, di Bandung ada sebuah rumah sakit bernama Bandung Medical Centre (BMC) yang sudah bertahun-tahun tidak beroperasi. BMC pun berubah menjadi tempat yang mistis. Kondisi ini bisa dimanfaatkan oleh kamu yang tinggal di Bandung untuk membuat vlog unik tentang wisata mistis di BMC.

Lets Get Lost
Jadilah travel vlogger sekarang juga. Kalau kamu belum punya kamera profesional untuk merekam momen menarik dengan kualitas yang bagus, kamu bisa pakai kamera yang ada di smartphone terlebih dahulu. Ingat, keterbatasan jangan sampai menjadi penghalang, tapi harus menjadi penunjang kreatifitas.

So, buruan buat rencana perjalanan dan cari tiket murah promo dari sekarang. Supaya perjalananmu terasa lebih nyaman dan hemat, kamu bisa cari tiket pesawat di Reservasi.com untuk mendapatkan penawaran harga terbaik dengan pelayanan yang memuaskan.