Pesona Danau Napangga di Rokan Hilir

Driau.com - Wisata alam masih menjadi primadona untuk menghabiskan liburan. Danau menjadi salah satu tujuan wisata alam yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu danau yang wajib dikunjungi di provinsi Riau yaitu Danau Napangga.

Danau ini terletak di Hulu Sungai Kumuh Desa Tanjung Medan, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir. Jika dari Ujung Tanjung, lokasi danau ini berjarak 70 kilometer.

Selain indah, ternyata danau ini juga memiliki keunikan tersendiri. Keunikan inilah yang mengundang banyak wisatawan merasa penasaran untuk berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini.

Di danau ini, ada sumber air panas dan spesies ikan arwana Sumatera atau Khayangan yang langka dan mahal harga jualnya. Bahkan ada legenda yang menyertai keberadaan danau ini. Lantas, keindahan apa lagi yang akan diperoleh jika kita berkunjung ke sini? Berikut ulasan selengkapnya.

Hamparan danau yang indah tentu memiliki daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Terlebih lagi di Danau Napangga ini ada sebuah legenda, disebutkan bahwa dulunya danau ini merupakan tempat persinggahan dan peristirahatan para raja.

Di sekitar danau yang mempunyai luas sekitar 500 hektar ini juga hidup masyarakat Bonai yang menjdi salah satu suku asli penduduk di Kabupaten Rokan Hilir. Ketenangan air dari danau ini membuat pengunjung tidak sabar untuk menceburkan diri dan menikmati segarnya air danau tersebut.

Pesona yang ditawarkan dari danau ini tidak kalah dengan danau-danau lainnya. Tidak hanya itu, pohon nyiur yang melambai-lambai juga turut menambah keasrian dari lokasi ini.

Di sini pengunjung bisa melepaskan penat dari segala aktivitas atau berenang sambil menikmati tenangnya air bening kebiruan di Danau Napangga. Di sini juga kita bisa menikmati pohon-pohon rimbun yang tentu saja membuat pengunjung merasa betah untuk berlama-lama.

Ternyata danau ini terbentuk secara alami. Di sini ada sumber air panas yang tak kalah mempesona. Masyarakat Bonai yang tinggal di kawasan ini pun tidak mau melewatkan kesempatan berekowisata. Mereka menjual berbagai suvenir di sentra kerajinan untuk dijadikan oleh-oleh bagi para pengunjung.

Jika ingin pergi ke objek wisata ini, maka anda tidak perlu khawatir dengan akses jalannya. Sebab hampir semua jalan menuju lokasi ini sudah diaspal. Untuk mengaksesnya anda cukup menggunakan kendaraan sepeda motor ataupun mobil.

Maka tidak heran jika danau ini sangat berpotensi untuk menjadi kawasan wisata air. Terlebih lagi dengan dibangunnya kotek-kotek di bibir danau. Serta adanya bermacam-macam wisata air seperti mendayung, parasailing, sky air, memancing serta menyelam.

Sungguh sebuah lokasi wisata yang sangat pas bukan untuk menghabiskan akhir tahun bersama keluarga, teman serta sahabat terdekat. Apabila anda hendak menuju lokasi ini dari Kota Pekanbaru, maka anda memerlukan waktu sekitar 5-7 jam untuk sampai ke lokasi wisata nan eksotis ini.

Namun ingat, jika sudah sampai ke lokasi ini jangan sekali-kali membuang sampah sembarangan. Sebab kita harus senantiasa menjaga kebersihan setiap lokasi wisata yang dikunjungi untuk menjaga kelesatariannya.

Danau Napangga
http://disparekraf.riau.go.id/wisata_y/view.php?I_rWk7lEyaIDy8SdnyNQqvUR9UgiGKbtJs2E3uuk9q8