Jenis-Jenis Minuman yang Harus Dihindari

Berikut adalah minuman yang tidak seharusnya dikonsumsi untuk tubuh, dikutip dari laman Shape, Selasa (22/9). 

Jus 

Label seperti "minuman jus" dan "jus cocktail" dalam pembuatannya menggunakan air gula yang memiliki zat pewarna. Itulah yang buruk untuk tubuh. Untuk minuman yang benar-benar sehat, carilah jus yang 100 persen alami, seperti jus jeruk, jus cranberry, atau jus lidah buaya.

Kopi dengan krim kocok 

Kopi jenis ini banyak disajikan dalam bentuk frappe atau dingin. Namun tahukah Anda bahwa dalam setiap sajian kopi jenis ini mengandung 800 kalori dan 170 gram gula yang tentu saja akan memicu kegemukan. 

Minuman berperasa 

Minuman ini memang menarik dari segi warna dan rasa. Apalagi apabila minuman ini disajikan dalam keadaan dingin. Namun kandungan pewarna dan pemanis buatan di dalamnya dapat menimbulkan gangguan kesehatan apabila dikonsumsi terlalu sering. 

Soda diet 

Minuman ini terkadang dijadikan alternatif bagi mereka yang sedang berdiet namun tetap ingin meneguk minuman bersoda. Soda diet mungkin saja bebas kalori namun juga tidak ada kandungan nutrisi di dalamnya. Smoothies Minuman buah buatan sendiri baik untuk Anda, tapi smoothie kemasan berisi 32 ons bisa menampung sebanyak 700 kalori dengan kurang dari dua gram protein, dan kadar gula yang tinggi. Itu seperti memakan seluruh nanas, mangga, dan satu cangkir blueberry serta stroberi dalam sekali makan. Mengapa buruk? Itu karena kalori dari makanan yang disimpan dalam sel lemak Anda lebih dari yang Anda dapat bakar. 

Minuman olahraga 

Mengakhiri latihan Anda dengan menenggak minuman khas olahraga dapat menetapkan tujuan penurunan berat badan Anda kembali. Banyak minuman olahraga di pasar yang mengandung campuran pemanis alami dan buatan, ditambah daftar zat aditif yang sulit diucapkan. 

Limun 

Kebanyakan versi yang dibeli di toko terbuat dari pemanis yang sama digunakan dalam soda, dikombinasikan dengan bahan pengawet dan warna buatan. Pada 100 kalori per cangkir, dan dengan setara dengan enam sendok teh gula dan nol nutrisi, pada dasarnya anda hanya minum permen cair yang pasti tidak menyegarkan. 

Minuman ringan 

Soft drinks atau minuman ringan penuh dengan kandungan gula dan hampir tidak ada kandungan nutrisi di dalamnya. Minuman ini dapat meningkatkan risiko obesitas dalam tubuh Anda jika Anda mengonsumsinya secara terus-menerus. 

Minuman berenergi 

Minuman ini sering dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan tambahan energi dalam menjalankan aktivitas. Kandungan kafein di dalamnya dapat membuat hormon adrenalin Anda bereaksi sehingga Anda menjadi bersemangat. Namun tahukah Anda bahwa minuman berenergi mengandung kafein yang lebih banyak daripada yang diperbolehkan dikonsumsi untuk tubuh?