Pesona Pantai Beting Beras di Kepulauan Meranti

Driau.com - Wisata Riau memang tidak ada habis-habisnya untuk diulas. Di Provinsi yang satu ini ada begitu banyak tempat wisata dan budaya yang bisa dijelajahi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satunya yaitu wisata pantai, mungkin banyak orang yang menganggap bahwa hanya pantai Rupat yang memiliki keindahan di Riau ini. Namun ternyata ada pantai lainnya yang tidak kalah indah, yakni Pantai Beting Beras di Kepulauan Meranti.

Pantai ini terletak di Desa Kualau Merbau, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti. Di tempat Wisata Riau yang satu ini kita akan menemukan keindahan yang mempesona. Lantas keindahan apa saja yang ditawarkan Pantai Beting Beras ini? Berikut informasi selengkapnya.

Pantai Benting Beras ini memiliki pasir landai berwarna putih. Hamparan pasir yang halus tersebut terbentang dengan panjang kurang lebih 5 kilometer. Tidak heran jika pantai ini kerap dikunjungi masyarakat dan wisatawan setiap akhir pekan, terlebih lagi pada saat libur panjang telah tiba.

Banyak orang yang penasaran dengan suasana yang ada di pantai ini. Terlebih lagi ketika matahari hendak tenggelam, menikmati sunset di panta ini tentu akan memberikan sensasi tersendiri.

Selain akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang indah, di sini kita juga bisa menikmati pemandangan berbagai jenis burung yang tengah mencari ikan-ikan keci di sekitar pantai.

Tidak hanya itu, adapula aktivitas nelayan tradisional yang tengah menangkap ikan. Sedangkan di daerah daratannya, kita bisa bisa menikmati pemandangan pepohonan mangrove yang rimbun dan menyejukkan.

Lebih daripada itu, lokasi Pantai Beting Beras yang terletak di daerah pedesaan membuat suasana di sini begitu nyaman. Hal ini dikarenakan masih khasnya daerah tersebut dengan keramahtamahan penduduk desa.

Selain itu, wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata ini juga bisa membeli ikan segar hasil tangkapan dari nelayan tradisional. Bahkan, para pengunjung yang ingin menangkap ikan juga bisa ikut serta bersama nelayan di tempat ini.

Apabila beruntung, maka kita bisa melihat event-event daerah yang di adakan oleh masyarakat kepulauan Meranti di Pantai ini. Event tersebut di antaranya seperti Pacu Jung Titis dan Festival Layang-layang.

Warna-warni miniatur kapal layar dan layang-layang berbagai bentuk dan ukuran ini semakin memperindah pantai yang berpasir bulan ini. Selain keindahan, Pantai ini juga menyimpan biota laut dan berbagai jenis seafood yang tidak ditemukan di tempat wisata lainnya.

Tidak hanya indah, pantai ini juga menyimpan kisah di legenda. Konon ceritanya, Pantai Beting Beras ini terbentuk dari tumpahan beras yang berasal dari periuk nasi yang sedang menggelegak (mendidih) di atas tungku saat pertarungan antara Panglima Ali dan Panglima Abas.

Menurut kepercayaan warga sekitar, dari peristiwa tersebutlah terbentuk sebuah pantai yang akhirnya diberi nama Pantai Beting Beras. Pantai inilah yang akhirnya turut membantu perekonomian masyarakat yang ada di sekitar lokasi wisata.

Tidak hanya wisatawan lokal, bahkan Pantai Beting Beras juga diminati oleh wisatawan yang berasal dari mancanegara. Namun, fasilitas di pantai masih kurang memadai. Tapi pemerintah Kepulauan Meranti akan menambah infrastruktur yaitu membangun gazebo dan jembatan reapung serta menyediakan kapal pesiar untuk menarik pengunjung datang ke lokasi wisata ini.

Jika hendak ke lokasi ini, hendaknya membawa kendaraan pribadi dan menyeberang menggunakan transportasi laut. Sebab di Selatpanjang belum ada angkutan umum.

Perjalanan untuk menuju Pantai Beting Beras hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja jika di tempuh menggunakan sepeda motor dari Selatpanjang. Anda tidak perlu khawatir dengan akses jalan untuk menuju lokasi ini. Sebab kondisi jalan menuju ke sana sudah cukup bagus.


Pantai Beting Beras
http://disparekraf.riau.go.id/wisata_y/view.php?HIThC58PPaHAaXbidKWpPE09H6LEp5gpwb1vDyUunvA