5 Negara di Dunia yang Menggunakan Bahasa Jawa

Driau.com - 5 Negara di Dunia yang Menggunakan Bahasa Jawa. Suku Jawa merupakan suku yang terbesar dan tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Maka tidak heran jika di daerah luar Jawa banyak orang yang bicara dalam bahasa Jawa. Bahkan sangkin besarnya orang yang bukan suku Jawa pun bisa bahasa Jawa.

Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah suku Jawa yang masih banyak dilestarikan hingga saat ini. Ternyata bahasa Jawa ini tidak hanya digunakan di Indonesia saja melainkan juga beberapa negara telah menggunakannya dalam keseharian mereka. Meskipun tidak 100 persen menggunakan bahasa Jawa namun beberapa negara ini bisa bahasa Jawa dengan fasih.


hidupsimple.com

Fakta ini menjadi bukti bahwa suku Jawa memang dapat diterima di mana-mana. Orang Jawa yang merantau atau tinggal di luar jawa masih terus melestarikan bahasanya. Salah satu cara dengan menjadikan bahasa ini sebagai bahasa sehari-hari. Sehingga orang yang bukan dari suku Jawa akhirnya dapat menggunakan bahasa Jawa dengan baik. Namun benarkah sehingga terbukti bahwa bahasa Jawa sudah mendunia? Berikut 5 negara di dunia yang menggunakan bahasa Jawa!

5 Negara di dunia yang Menggunakan Bahasa Jawa

Ternyata Bahasa Jawa Sudah Mendunia

Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa daerah yang sangat populer di Indonesia dan bahasa ini merupakan bahasa yang berasal dari suku Jawa. Meskipun begitu ternyata bahasa Jawa memiliki banyak dialek yang berbeda-beda seperti Yogyakarta yang memiliki dialek lebih halus dan lembut, sedangkan Surabaya memiliki dialek bahasa Jawa lebih kasar.

Bahasa Jawa bukan hanya populer di Indonesia ternyata juga populer di negara lainnya dan bahkan diam-diam negara itu telah menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa keseharian mereka. Negara manakah itu? Rupanya 5 Negara ini diam-diam gunakan bahasa Jawa:

1. Malaysia
Malaysia merupakan negara yang serumpun dengan Indonesia dan bahasa yang digunakan pun juga mirip dengan bahasa Indonesia. Masyarakat Jawa di negara ini saat ini merupakan generasi ketiga dan keempat. Meskipun mereka masih menggunakan dan melestarikan adat Jawa tetapi mereka sudah dianggap sebagai orang pribumi Malaysia yang sah. Orang Jawa di negara ini menyebar di beberapa wilayah yaitu disekitar Tanjung Karang, Kelang, Banting, Sabak, Bernam, dan Sepang.

2. Suriname
Suriname merupakan salah satu negara yang berada di Amerika Selatan, dulu negara ini bernama Guyana Belanda dan merupakan negara bekas jajahan Belanda. Pada tahun 1890-1939 banyak orang Jawa yang dibawa ke negara ini dari Hindia-Belanda, sehingga tak heran jika sekarang ini ada sekitar 75.000 orang Jawa yang telah tinggal di Suriname dan mereka tetap menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa keseharian mereka.

3. Kaledonia Baru
Kaledonia Baru merupakan salah satu negara yang terletak di Samudra Pasifik dan merupakan negara milik Perancis. Sebagian besar dari penduduk negara ini adalah orang Jawa dan mereka dikirim ke negara ini dipekerjakan sebagai kuli kontrak untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi. Orang Jawa yang berada di negara ini tetap menggunakan dan melestarikan bahasa Jawa sebagai bahasa keseharian mereka, tetapi generasi mudanya lebih banyak menggunakan bahasa Perancis.

4. Belanda
Belanda merupakan negara yang pernah menjajah Indonesia, selama menjajah Indonesia negara ini juga mengirim sebagian orang Jawa ke Belanda untuk dijadikan budak. Sehingga tak heran jika bahasa Jawa juga sangat familiar di negara ini. Yang lebih unik lagi adalah minat orang Belanda terhadap bahasa Jawa dan juga sastra Jawa, bahkan di negara ini bahasa Jawa juga masuk dalam daftar bahasa yang dipelajari di salah satu Universitas tertua di Belanda yaitu Universiteit Leiden yang telah di didirikan pada tahun 1575. Inilah salah satu bukti ternyata bahasa Jawa benar-benar mendunia.

5. Singapura
Singapura merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk orang Jawa yang terbilang cukup besar, bahkan di negara ini terdapat beberapa kampung Jawa yang dihuni oleh orang Jawa asli. Pada tahun 1825 banyak orang Jawa dari Jawa Tengah yang dibawa ke Singapura, mereka dipekerjakan di negara ini sebagai buruh perkebunan karet, pekerja kereta api, dan juga sebagai pekerja di konstruksi jalan raya. Beberapa kampung Jawa yang ada di Singapura, yaitu berada di Rochor dan Kallang. Semua orang Jawa yang menetap di negara ini hidup rukun dengan orang China dan Melayu. Inilah salah satu bukti bahwa bahasa Jawa telah mendunia.

Itulah informasi mengenai 5 negara di dunia yang menggunakan bahasa Jawa. Jika kalian berjalan-jalan ke negara tersebut jangan kaget kalau bertemu dengan orang yang fasih berbahasa Jawa ya. Sebab menurut penduduk yang bukan berasal dari suku Jawa, mereka mengakui bahwa bahasa Jawa terdengar unik sehingga menarik minat mereka untuk mempelajarinya.


sumber: kumpulan misteri