Legenda Kapal Hantu "The Flying Dutchman", Benarkah Kapal ini Dikutuk?


Driau.com - Legenda Kapal Hantu “The Flying Dutchman” telah terkenal diseluruh penjuru dunia bahkan ada sebuah film yang menceritakan kapal hantu ini yaitu film Pirates of Caribian. Sedikit komentar tentang film Pirates of Caribian ini menurut Driau sedikit banyak menceritakan kisah bagaimana The Flying Dutchman menjadi kapal yang ditakuti para bajak laut. Konon katanya kapal ini tidak pernah berlabuh sama sekali dan terus berlayar mengarungi tujuh lautan selamanya.
davy jones
sumber: misterifaktadanfenomena

The Flying Dutchman juga dikisahkan tidak berlayar di permukaan laut namun di dasar laut dan hanya muncul pada saat tertentu saja. Muncul kabar bahwa seluruh awak kapal sebenarnya sudah mati namun karena kapa ini di kutuk maka para awak beserta sang kapten tidak bisa meninggalkan dunia. Itu sebabnya kapal ini tidak pernah ke darat melainkan terus berlayar di lautan.

Tetapi dalam perjalanannya kapal ini mengalami badai besar sehingga seluruh awak kapal menyarankan untuk berlabuh tetapi sang kapten malah bersumpah dan mengutuk semua awak kapalnya jika tidak meneruskan perjalanannya. Sehingga kapal ini akan terus berlayar mengarungi tujuh lautan untuk selamanya tanpa berlabuh sekalipun.

Konon kisahnya The Flying Dutchman di pimpin oleh seorang kaptern bernama  Bernard Fokke. Hal ini sedikit berbeda dari filmnya ya. Sebab di film Pirates of Caribian kapten kapal justru di pimpin oleh Davy Jones. Hal ini bukan tidak mungkin sebab dalam kisah kapal bajak laut nama Davy Jones juga dikenal sebagai lanun yang paling di takuti. Berikut legenda kapal hantu "The Flying Dutchman, Benarkah kapal ini dikutuk? 

Legenda Kapal Hantu “The Flying Dutchman”
Banyak orang yang mencoba membongkar misteri The Flying Dutchman dengan menggali dari berbagai sumber. Berikut beberapa misteri dari kapal The Flying Dutchman: 

Asal usul kapal The Flying Dutchman
Menurut beberapa sumber legenda kapal ini berasal dari Belanda, tetapi ada juga sumber lain yang mengatakan bahwa legenda kapal hantu ini berasal dari cerita opera Inggris yaitu The Flying Dutchman. 

The Flying Dutchman dipimpin oleh seorang kapten bernama Bernard Fokke
Ada beberapa sumber yang menceritakan bahwa The Flying Dutchman telah dipimpin oleh kapten Bernard Fokke. Cerita ini berasal dari kisah kapten Bernard Fokke yang telah berlayar dari Belanda ke pulau Jawa dan akan melanjutkan ke tanjung harapan.

Adanya penyakit berbahaya.

Menurut beberapa sumber menyebutkan bahwa seluruh awak kapal The Flying Dutchman tidak diperbolehkan untuk berlabuh karena seluruh awak kapal ini memiliki penyakit yang berbahaya dan menular.

Penampakan kapal hantu sang kapten The Flying Dutchman telah banyak diberitakan oleh berbagai sumber. Berikut beberapa penampakan The Flying Dutchman:
  1. Tahun 1823, Kapten Oweb melaporkan telah melihat kapal yang terombang ambing di laut lalu hilang dalam sekejab.
  2. Tahun 1835, sebuah kapal Inggris yang terkatung-katung di lautan akan bertabrakan dengan kapal asing yang diduga The Flying Dutchman, tetapi ketika akan terjadi tabrakan kapal asing tersebut langsung menghilang.
  3. Tahun 1881, awak kapal HMS Bacchante telah melihat sebuah kapal kosong yang berada ditengah laut dan keesokan harinya awak kapal tersebut meninggal.
  4. Tahun 1879, awak kapal SS Pretoria mengaku pernah melihat kapal The Flying Dutchman.
  5. Tahun 1939, beberapa orang mengaku telah melihat kapal usang berada di Mulkzenberg kemudian menghilang.
  6. Tahun 1941, beberapa orang mengaku telah melihat kapal usang yang menabrak karang di pantai Glencairn, tetapi setelah diselidiki tidak ada tanda-tanda adanya kapal yang telah menabrak karang.
  7. Tahun 1942, beberapa orang telah melihat kapal kosong yang memasuki perairan Table Bay lalu menghilang.
  8. Tahun 1942, awak kapal militer M.H.S Jubilee telah melihat kapal hantu The Flying Dutchman di Cape Town.
  9. Tahun 1959, awak kapal Straat Magelhaen mengaku telah melihat kapal kosong berada di tengah lautan.

Selain legenda kapal hantu The Flying Ducthman, ada juga legenda bajak laut terhebat di dunia. Berikut 10 daftar bajak laut terhebat didunia:
  1. Oliver Levasseur
  2. Anne Bonny
  3. William Kidd
  4. Bartholomew Roberts
  5. Calico Jack
  6. Edward Black Beard
  7. Barbarossa
  8. Davy Jones
  9. John Ward/ Jack Ward
  10. Henry Morgan

Ada 10 daftar kapal hantu yang telah mendunia dan salah satunya adalah The Flying Ducthman. Berikut 10 daftar kapal hantu didunia:
  1. The Flying Dutchman
  2. Ourang Medan
  3. Caleuche
  4. SS Valencia
  5. Carroll A. Deering
  6. The Baychimo
  7. Lady Lovibond
  8. The Mary Celeste
  9. The Joyita
  10. The Octavius

Itulah legenda kapal hantu “The Flying Dutchman” dan benarkah kapal ini dikutuk. Benar atau tidaknya belum ada yang dapat membuktikan secara empiris. Namun faktanya The Flying Dutcman cukup di kenal oleh para bajak laun di dunia.