Wisata Pantai Tanjung Senekip, Kabupaten Bengkalis

Driau.com -  Wisata Pantai Tanjung Senekip, Kabupaten Bengkalis 

Salah satu objek wisata yang baru diresmikan di tahun 2018 oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau adalah Wisata Pantai Tanjung Senekip. Pantai ini terletak di Dusun Parit 1, Desa Teluk Pambang, Kecamatan Bantan, Bengkalis. Sebuah destinasi pantai yang diharapkan mampu menyaingi ketenaran Pantai Selat Baru, Pantai Rupat dan Pantai Tenggayun. Pantai ini memiliki keistimewaan tersendiri dalam hal panorama sehingga diprediksi juga akan menjadi wisata favorit di Bengkalis.

Wisata Pantai Tanjung Senekip memiliki kondisi air laut yang masih bersih dari sampah, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Ini juga yang menjadi alasan pemerintah setempat menjadikan pantai ini sebagai objek wisata unggulan. Pantai ini terbentang sejauh 4 hingga 5 km yang melintasi beberapa desa, diantaranya Desa Teluk Lancar, Desa Kembung Luar, Parit Tiga hingga ke Desa Pambang Pesisir.

sumber : Riaumagz.com

Dibandingkan Pantai Selat Baru, wisata Pantai Tanjung Senekip Kabupaten Bengkalis ini memiliki jarak yang lebih jauh ke laut disaat air sedang suruh. Kita akan menyaksikan kurang lebih 1 km daratan surut yang terbentang ke bibir pantai. Seperti pantai di Bengkalis pada umumnya, kondisi tanah gambut membuat pasir di tepian pantai berwarna hitam yang bercampur dengan tanah.

Di bagian tepi Pantai Tanjung Senekip ini kita bisa menyaksikan pohon-pohon rindang yang tetap dibiarkan tumbuh. Pengunjung bisa duduk membentang tikar sambil menikmati hembusan angin laut. Selain itu, secara swadaya masyarakat setempat juga membangun gazeo-gazebo kecil di bagian tepi pantai, terbuat dari kayu dan atap nipah sederhana. Cocok untuk rehat dan berteduh menikmati suasana pantai. Pohon-pohon dengan batang yang rebah dan daun yang sudah mengering menjadi kesan view artistik tersendiri di tepi pantai. Bisa dijadikan sebagai spot untuk berfoto di sosial media.
Pada hari-hari tertentu, lokasi pantai ini juga digunakan sebagai tempat acara-acara perlombaan, hiburan dan sejenisnya guna menarik minat wisatawan untuk datang. Di kawasan pantai dibangun panggung sebagai tempat pertunjukan berbagai kegiatan.

Lokasi wisata pantai ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata keluarga di hari libur. Menikmati pemandangan pantai di pagi hingga petang hari menjadi lebih nyaman dan sejuk di bawah gazebo atau pepohonan. Anda yang ingin santai di siang hari atau memejamkan mata di tengah keteduhan dan hembusan angin laut juga cocok berkunjung ke Pantai Tanjung Senekip.

Masih dibutuhkan pembenahan di sana-sini soal fasilitas dan penataan lokasi pantai oleh pemerintah. Rencananya di tempat ini juga akan digelar acara rutin tahunan yang menjadi icon pengenal wisata pantai di tempat tersebut. Pedagang kuliner khas Bengkalis juga bisa memanfaatkan lokasi pantai ini untuk mencari rezeki. Ada banyak jenis makanan khas Bengkalis yang berkesan di lidah pengunjung, mulai dari seafood, olahan mie sagu, lempuk durian dan masih banyak yang lainnya.

Cara Menuju ke Lokasi Wisata Pantai Tanjung Senekip Kabupaten Bengkalis
Sebelum menuju ke lokasi wisata Pantai Tanjung Senekip, perjalanan di awali menuju kota Bengkalis sebagai ibu kota kabupaten. Dari Pekanbaru Anda naik kendaraan travel atau pribadi menuju ke Pelabuhan Sungai Pakning (selama 5 jam perjalanan normal). Lalu menyebrang kapal Roro selama kurang lebih 30 menit untuk sampai ke Kota Bengkalis.

Selanjutnya setelah sampai di pusat kota, perjalanan dilanjutkan menuju ke Kecamatan Bantan. Jalan menuju ke lokasi wisata cukup mulus dan bisa ditempuh kendaraan roda empat. Selama kurang lebih satu jam perjalanan, Anda sudah bisa sampai di lokasi wisata Pantai Tanjung Skip, yakni Dusun Parit 1, Desa Teluk Pambang, Kecamatan Bantan, Bengkalis.

Jangan lupa, sebelum menuju ke lokasi pantai yang jauh dari pusat kota, Anda bisa lebih dulu menikmati aneka kuliner di kota Bengkalis. Untuk sarapan pagi Anda bisa menjajal menu lontong Bengkalis yang cukup terkenal. Atau aneka olahan mie sagu yang juga cocok untuk kuliner di pagi hari. Di siang hari, bila Anda suka lalapan, jangan lupa mencicipi sambal terasi Bengkalis lengkap dengan seafoodnya. Akan lebih berkesan juga jika Anda membawa makanan untuk bersantap di tepian Pantai Tanjung Senekip.Wisata pantai Tanjung Senekip, Kabupaten Bengkalis diharapkan mampu mendongkrak pariwisata khususnya kota Bengkalis.