5 Lima Air Terjun Terpopuler di Riau

Driau.com - Wisata alam menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke suatu daerah, Provinsi Riau misalnya. Selain kaya akan sumber daya alam berupa minyak buminya, Riau juga memiliki objek wisata alam yang tidak kalah menakjubkan seperti provinsi lainnya.

Salah satu objek wisata yang menjadi incaran para pelancong adalah air terjun. Di Riau kita bisa melihat air terjun dengan pemandangan indah dan tentu saja masih terjaga keasriannya. Air terjun tersebut tersebar di beberapa kabupaten di Provinsi ini.

Bahkan di antara air terjun, ada lima air terjun terpopuler di provinsi ini. Tentu saja masing-masing air terjun tersebut memiliki keunikan dan medan yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuat orang penasaran untuk menikmati keindahannya. Lantas, air terjun apa sajakah yang paling populer di Riau? Simak informasinya berikut ini.

  1. Air Terjun Pulau Simo, Kampar
    Air terjun yang populer di Provinsi Riau salah satunya adalah air terjun Pulau Simo. Letaknya berada di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XII Koto Kampar, Kabupaten Kampar. Tidak hanya keindahan alam di sekitarnya, daya tarik lainnya dari air terjun ini adalah lokasi tersebut bisa digunakan untuk camping. Tidak hanya itu, di sini kita juga bisa menikmati mata air yang bisa diminum letaknya berada di perbukitan.
    Selain itu, akses untuk menuju objek wisata yang satu ini juga terbilang sangat mudah. Apabila para pelancong akan melakukan perjalanan dari Pekanbaru, maka anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai di XII Koto Kampar. Untuk mencapai lokasi air terjunnya, hanya perlu berjalan kaki kurang 200 meter saja.
  2. Air Terjun Aek Matua, Rokan Hulu
    Selain di Kabupaten Kampar, Rokan Hulu juga memiliki air terjun yang populer bernama air terjun Aek Matua. Air terjun ini berlokasi di Dusun Hutan Padang, Kecamatan Bangun Purba, Rokan Hulu. Untuk mencapai lokasi ini, anda bisa menggunakan kendaraan seperti mobil dan sepeda motor. Namun, perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan jarak tempuh 3,5 kilometer.
    Bukan perjalanan yang mudah memang, namun ketika sampai di lokasi air terjun maka rasa lelah tersebut akan hilang seketika. Hal ini dikarenakan air terjun tersebut memiliki keindahan yang dapat membuat anda terpesona.
    Tidak hanya indah, air terjun ini juga memiliki keunikan tersendiri karena mempunyai konstruksi batu tebing yang bergelomang dan sedikit melandai. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai air terjun tangga seribu.
    Selain itu, air terjun ni juga memiliki ketinggian dengan setiap tingkat air terjun yang berbeda-beda. Anda akan mendapatkan bonus berupa pemandangan alam yang indah dari sekitar lokasi air terjun ini. Keindahan tersebut berasal dari batu-batu cadas dengan aneka bentuk yang ada di sekitar lokasi.
  3. Air Terjun Panisan, Kampar
    Kabupaten Kampar menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Riau yang memiliki banyak objek wisata. Salah satu air terjun yang terkenal dari sini yaitu air terjun Panisan. Letaknya berada di Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu.
    Tidak heran jika air terjun ini menjadi salah satu air terjun yang populer di Riau. Pasalnya, ketika mengunjungi air terjun Panisan ini maka kita bisa menikmati dua air terjun sekaligus. Air terjun yang pertama yang kita temui mempunyai kolam penampungan di bawah cucuran air terjunnya. Jika kita melanjutkan perjalanan dengan mendaki tebing batu, maka kita akan menemukan air terjun yang lebih kecil lagi.
    Jika ingin melakukan perjalanan ke lokasi ini dari kota Pekanbaru, maka anda membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk tiba di Desa Tanjung. Sedangkan untuk menuju air terjunnya, anda harus terlebih dahulu melewati bukit yang sebagian besar masih merupakan hutan alami. Perjalanan tersebut bisa dilakukan dengan berjalan kaki atau mengendarai sepeda motor.
  4. Air Terjun Pangkalan Kapas atauAir Terjun Batang Kapas Desa Lubuk Bigau
    Tidak kalah menarik dari Air Terjun Panisan, Air Terjun Pangkalan Kapas juga menjadi salah satu yang terpopuler di Riau. Bahkan air terjun ini disebut sebagai “surga” bagi mereka yang mencintai petualangan. Bagaimana tidak, akses untuk menuju lokasi ini memiliki tantangan tersendiri.
    Namun keletihan perjalanan akan terbayar ketika melihat air terjun yang jatuh dari ketinggian 150meter tanpa menyentuh tebing sedikitpun. Tempias dari air terjun ini sudah terasa dari jarak beberapa meter dari kolam penampungan.
    Dikatakan bahwa air terjun tersebut menjadi yang tertinggi di Riau bahkan di Sumatera. Namun meskipun sudah populer, air terjun ini belum begitu banyak dikunjungi oleh masyaraka karena akses yang berat tersebut.
  5. Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban, Kuantan Singingi
    Air terjun yang termasuk populer terakhir di Riau adalah Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban di Kuantan Singingi. Tepatnya berada di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan. Bagi orang yang suka berpetualang di Provinsi Riau tentu sudah mengetahui tentang air terjun ini.
Diberi nama air terjun tujuh tingkat batang koban karena air terjun tersebut jatuh melalui tebing yang bertingkat tujuh dan mengalir ke aliran Sungai Kuantan. Ketinggian dari setiap tingkat air terjun tersebut pun berbeda-beda. Inilah yang menambah daya tarik wisatawan untuk menikmati keindahan objek wisata ini.

Itulah informasi mengenai lima air terjun populer di Provinsi Riau. Objek wisata ini cocok dikunjungi terlebih lagi menjelang libur panjang akhir tahun ini. jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dari setiap objek wisata yang dikunjungi.

http://www.tripriau.com/1606/wow-inilah-5-air-terjun-paling-populer-di-riau.html

Batang Kapas dapat dibaca di
http://www.riaumagz.com/2016/09/posisi-dan-cara-menuju-lokasi-air.html