Tips Supaya Tidak Kehausan Saat Berpuasa

foto: covesia.com
Salah satu tantangan saat berpuasa adalah haus. Musim panas dan cuaca yang terik membuat siang hari menjadi saat-saat paling berat ketika berpuasa. Banyak orang bilang, lapar bisa ditahan, tapi jika haus yang datang, rasanya benar-benar tak tertahankan. 

Buat kamu yang tinggal di daerah dengan cuaca panas yang cukup tinggi, ada baiknya mengetahui beberapa tips berikut ini untuk mengurangi rasa haus pada saat berpuasa: 

1. Minum yang cukup dari sejak berbuka Dari sejak berbuka hingga saur, minum lah setidaknya 8 gelas air putih. Untuk mengembalikan mineral tubuh yang hilang selama seharian berpuasa, kamu butuh air putih dengan jumlah yang cukup. 

2. Makan sayur yang cukup Terutama pada saat saur, wajibkan sayuran hijau atau yang mengandung banyak kadar air. Makan dalam jumlah banyak jika siang hari nanti kamu akan banyak beraktivitas di luar ruangan. Kandungan air pada sayur akan tersimpan dalam tubuh. 

3. Makan buah yang cukup Selain sayur, santapan sahur yang wajib kamu sediakan adalah buah-buahan. Buah seperti apel, per dan papaya cukup bagus dikonsumsi pada saat sahur untuk memberikan cadangan air yang cukup pada tubuh. 

4. Hindari makanan gorengan atau berlemak Pada saat sahur, sebaiknya menghindari makanan gorengan atau berlemak. Akan lebih baik jika mengkonsumsi makanan bebas minyak atau bebas lemak. Selain itu makanan dengan asinan yang tinggi juga akan semakin membuat dehidrasi tubuh lebih cepat di siang hari. Jadi sebaiknya jangan makan ikan asin pada waktu sahur ya. 

Kebutuhan makanan pada saat sahur bisa kamu sesuaikan dengan aktivitas di siang hari. Misalnya, kalau kamu akan kuliah, sekolah atau melakukan hal lainnya yang membutuhkan pemikiran, sebaiknya mengkonsumsi sumber protein lebih pada saat sahur. 

Seperti misalnya susu dan daging. Jika kamu akan bekerja fisik seperti bekerja bangunan, olahraga dan sejenisnya, maka karbohidrat harus masuk secara cukup. 

Dari semua makanan tersebut, sayur dan buah tetap menjadi makanan yang penting untuk kamu konsumsi. Karena haus bisa datang kapan saja dan dimana saja, meski kamu di dalam rumah sekalipun. 

Kelebihan mengkonsumsi buah dan sayur dibandingkan dengan mengkonsumsi air putih saja yang banyak adalah, jika kamu banyak mengkonsumsi air saja, maka biasanya akan lebih sering BAK. Berbeda dengan buah dan sayur, tubuh akan tetap segar tanpa harus sering ke kamar kecil.