Hijab Style di Musim Lebaran

foto: Hannisa Collection
Berhijab menjadi sebuah trend tersendiri saat ini. Aneka fashion hijab yang berkembang sekarang, sudah mampu menjawab kebutuhan style modis dipadukan dengan esensi syariah yang hendak dijalankan. 

Berhijab tak menghalangi seseorang untuk bisa tampil modis dengan model-model fashion terkini, sebaliknya dengan memakai hijab justru membuat penampilan tampak lebih elegan dan berkelas. Indonesia dikenal sebagai kiblat fashion muslim dunia. 

Artinya Indonesia memiliki variasi style hijab yang sangat beragam dan berkembang dari waktu ke waktu. Untuk itu kamu sebagai muslimah yang tinggal di Indonesia semestinya bangga, bisa tampil gaya dengan aneka fashion muslimah terbaru, tanpa harus mengabaikan nilai-nilai syariah bukan? 

Di musim lebaran, biasanya tampilan style hijab seseorang perlu sesuatu yang baru. Bukan hanya pakaiannya saja yang baru, tapi juga penataan dan gaya yang ditampilkan. Yuk intip beberapa style berhijab dimusim lebaran yang bisa kamu variasikan berikut ini: 

Fashion Kaftan 

foto: hannisa collection
Kamu suka kaftan? Kapan harus memakai kaftan? Apakah fashion ini cocok buat kamu? Ya, sebelum memilih produk busana tertentu, sebaiknya kamu harus lihat dulu bagaimana bentuk dan ukuran tubuhmu, apakah sesuai atau tidak. 

Pakaian kaftan cocok untuk mereka yang bertubuh gemuk atau sedikit berisi. Buat kamu yang memiliki tubuh kurus, sebaiknya menghindari jenis pakaian ini karena akan semakin membuat tubuhmu terlihat kurus. 

Gunakan manset jika kaftan berlengan pendek atau tanpa furing. Paduan hijab yang sesuai untuk jenis kaftan bisa berupa hijab instan atau pasmina. Pilih ukuran kaftan yang sedikit longgar ditubuh namun tidak terlalu besar. 

Fashion Abaya 

foto: hannisa collection
Abaya cocok untuk segala usia dan segala berat tubuh. Untuk kamu yang memiliki ukuran tubuh mungil dan tinggi di bawah 155 cm, penggunaan abaya terlihat lebih anggun. Untuk fashion abaya, penggunaan hijabnya juga lebih fleksibel. 

Kamu bisa pakai jenis khimar instan, baik memakai pad atau tidak. Bisa juga menggunakan hijab segi empat dan pasmina. 

Pemilihan hijab yang sesuai bisa kamu perhatikan dari bentuk wajahmu. Kalau kamu memiliki bentuk wajah yang sedikit elips, sebaiknya menggunakan jilbab segiempat, hindari jenis khimar instan, terlebih yang tidak menggunakan pad. 

Untuk motif, saat ini sedang trend dengan aneka corak baik motif bunga ataupun garis-garis abstrak. Namun kalau kamu merasa kurang pede, jenis abaya dengan bahan balloteli polos kekinian bisa menjadi pilihan. Abaya menjadi pilihan fashion kalangan wanita muda yang bisa dipadukan dengan beragam jenis hijab terbaru. 

Fashion Hijab Syar’i 

foto: hannisa collection
Jenis fashion ini sudah cukup popular di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Semakin tahun modefikasi fashion gamis dan hijab syar’i terus berkembang, bahkan hingga masuk ke lapisan ekonomi atas. 

Harga satu set gamis syari beserta hijabnya bisa menembus angka di atas tiga juta rupiah. Ini menunjukkan animo masyarakat untuk berbusana sesuai syariah cukup tinggi. Siapa yang cocok menggunakan hijab syari? 

Sebenarnya setiap kamu bisa memakainya. Hanya saja penting untuk memperhatikan ukuran panjang dan model hijabnya. Seseorang dengan ukuran tubuh yang tinggi akan terlihat lebih anggun dengan hijab dan gamis syar’i. 

Sementara untuk kamu yang memiliki ukuran tubuh rendah, harus bekerja keras menemukan jenis gamis syar’i terbaik yang cocok melekat di tubuhmu. Baik dari segi ukuran maupun model yang ditampilkan. 

Jangan terpesona dengan gambar model yang menampilkan aneka busana berkelas dan terlihat anggun, lihat lebih detail bagaimana ukuran dan bentuk tubuhmu, apakah sesuai dengan foto tersebut atau tidak.