Menelusuri Keindahan Pulau Jemur di Rokan Hilir

Pulau Jemur Rokan Hilir

Driau.com - Keindahan alam sebuah wilayah biasanya akan menarik wisatawan untuk berkunjung. Tidak terkecuali di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau ini. Ternyata di daerah ini terdapat salah satu objek Wisata Riau yang sayang jika tidak didatangi yaitu Pulau Jemur.

Keindahan Pulau Jemur ini tidak kalah dengan pulau-pulau lainnya. Di Pulau ini kita akan menemukan panorama yang indah dan sayang jika terlewatkan oleh lensa kamera. Letaknya kurang lebih 45 mil dari Ibu Kota Kabupaten Rokan Hilir Bagan Siapi-Api.

Pesona dari Pulau yang didengar dari pengunjung lainnya membuat masyarakat lainnya penasaran untuk datang ke sini. Lantas bagaimanakah kecantikan dari Pulau Jemur yang terdapat di Rokan Hilir ini?

Pulau Jemur ini tepatnya berada di Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika). Apabila ingin berkunjung ke sini maka kita bisa menggunakan jasa penyewaan speedboat yang bisa menampung 60-100 penungpang dan membutuhkan perjalanan sekitar 2 jam dari pelabuhan Bagan Siapiapi.

Pulau Jemur sendiri merupakan gugusan pulau yang terdiri dari beberapa pulau. Apabila Di antaranya yaitu Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik, serta pulau – pulau kecil lainnya. Tentu saja Wisata Riau yang satu ini harus masuk dalam destinasi liburan bersama keluarga.

Tidak hanya memiliki keindahan alam berupa pantai saja. Akan tetapi, di Pulau Jemur juga terdapat tempat penyu bertelur. Di sini adalah tempat hunian bagi penyu-penyu untuk bertelur pada musim-musim tertentu. Satwa langka tersebut dapat bertelur sebanyak 100 sampai dengan 150 butir setiap ekornya. Tentu saja ini akan menjadi kenangan tersendiri bagi siapa saja yang menyaksikannya.

Karena potensi wisatanya yang begitu besar, membuat Pemerintah kabupaten Rokan Hilir ingin menjadikan lokasi ini sebagai Kawasan Wisata Andalan Rokan Hilir. Tempatnya juga strategis yakni terletak di Selat Malaka dan berbatasan langsung dengan Por Klang, Malaysia.

Pulau Jemur juga memiliki potensi wisata lainnya yakni Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu panglima Layar. Selain ituk, di sini juga terdapat Taman Laut, dan pantai berpasir kuning emas. Sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan.

Kelak, jika lokasi ini sudah dijadikan Kawasan Wisata Andalan Rohil maka Pulau ini akan dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas di antaranya penginapan. Ada begitu banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini. Antara lain berselancar, menyelam, dayung dan lain sebagainya.

Di sini juga sudah tersedia fasilitas berupa masjid untuk sembahyang kaum muslim. Tidak hanya itu, ada pula sebuah taman kecil yang berada persir di pinggiran garis pantai yang cocok untuk bersantai sambil melihat pemandangan yang indah.

Keindahan tersebut tentu saja sayang untuk dilewatkan begitu saja. Pulau nan cantik, pemandangan sekitar yang indah membuat kita terbuai dan merasa nyaman berada di sana.

Ditambah lagi dengan hamparan pasir berwarna kuning keemasan yang membuat pulau ini semakin unik dan berbeda dari pulau lainnya. Maka dari itu, tidak salah apabila Pulau jemur mendapatkan julukan sebagai “Zamrud di Selat Malaka”.

Maka sangat disayangkan jika berkunjung ke Pulau Jemur namun tidak mengabadikannya melalui kamera. Namun ingat untuk selalu menjaga kebersihan dan jangan merusak alam dari lokasi wisata yang dikunjungi “Ayo Jangan Buang Sampah Sembarangan di lokasi wisata ini !!!”

Pulau Jemur
http://lensawisata.com/pulau-jemur-2/