Ingin Liburan Impianmu Jadi Kenyataan, Ini 5 Persiapan yang Kamu Butuhkan

Ingin Liburan Impianmu Jadi Kenyataan, Ini 5 Persiapan yang Kamu Butuhkan

Setiap orang pasti punya tempat impian untuk dikunjungi entah itu di luar atau dalam kota. Kebanyakan tempat ini ingin dikunjungi karena memiliki sesuatu yang menarik. Misalnya Danau Toba yang sudah terkenal dimana-mana. Keelokan danau serta pemandangan alam sekitar yang menjadi penunjang penyebabkan banyak orang ingin kesana. Atau Bali yang memang menjadi salah satu tujuan utama para turis karena setiap elemen dari Provinsi ini memang menjadi magnet yang dapat menarik orang untuk datang.
Memiliki tempat favorit atau impian untuk dikunjungi sah-sah saja tinggal lagi bagaimana mewujudkan impian itu agar jadi kenyataan. Ditengah semaraknya masyarakat bermedia social tentu banyak juga foto-foto destinasi wisata yang diupload oleh mereka. Dan pastinya bikin mupeng orang yang melihat dong ya. Nah, untuk bisa mengunjungi tempat wisata itu juga banyak caranya. Ibarat kata pepatah banyak jalan menuju Roma banyak juga cara mewujudkan impian mengunjungi tempat wisata.

Bagaimana caranya agar liburan impianmu jadi kenyataan? Ini 5 persiapan yang Kamu butuhkan. Yuk kupas satu-satu.

Tentukan destinasi atau tujuan liburanmu jauh-jauh hari
Dalam banyak tempat wisata yang kece itu tentu ada yang benar-benar ingin dikunjungi. Cari tahu mengenai informasi tentang tempat wisata tersebut. Baik itu lokasinya, transportasi, penginapan tempat makan dll. Jika berada di Luar Negeri bisa lebih komplit lagi pencariannya. Iya dong, cara berkomunikasi dengan penduduk setempat. Jangan sampai mereka bahasa Korea kitanya masih kekeuh pakai bahasa alay. Bingung cyin. Setidaknya belajarlah bahasa mereka, yang umum saja. Kayak mau bilang makan, terima kasih, apa kabar, dan ucapan selamat. Ini membantu loh setidaknya kita akan dilayani lebih ramah karena mereka merasa dihargai karena kita berusaha belajar bahasanya.

Tentukan waktu untuk berlibur ke tempat wisata tersebut
Setelah cek info tentang destinasi wisata lanjut ke waktu keberangkatan. Sangat tidak disarankan pergi mendadak ya. Karena sifatnya liburan tentu kudu enjoy baik bagi diri sendiri maupun keluarga yang diajak berlibur. Menjadwalkan pergi liburan jauh hari lebih memudahkan terutama menjadi tiket pesawat murah. Kalau perginya mendadak sulit loh dapat tiket pesawat yang murah. Cari tiket promo bisa melalui website atau aplikasi penyedia jasa tiket pesawat misalnya JD.id. Sudah pernah buka belum? Coba deh cek sendiri di JD Flight Kamu bisa temukan promo liburan ke Luar Negeri dengan harga ekonomis.

Menghitung budget
Banyak yang bilang berlibur itu masanya menghabiskan uang. Iya ngga sih? Kalau bisa liburan tapi tetap hemat kan lebih bahagia ya, terutama mamaknya :). So, hitung berapa budget yang dibutuhkan selama berlibur tersebut. Mulai dari transportasi, hotel, makan sampai belanja souvenir. Jika bisa dihemat cobalah untuk menghemat salah satu lininya. Misalnya, hemat biaya hotel. Eh, sudah tahukan kalau JD Hotel juga bisa ditemukan diaplikasi JD.id? di situ Kamu bisa menemukan beberapa pilihan tentang harga hotel di tempat wisata impianmu. Cari yang paling sesuai dengan kebutuhan supaya liburan tetap lancar dan istirahatnyapun nyaman.

Buat list berapa lokasi wisata yang akan dikunjungi
Jika pergi ke suatu daerah dan disana ada banyak tempat wisata wah rasanya semua ingin didatangi ya. Tapi fikir dulu cukup ngga nih waktu dan dananya? Lebih baik bikin list tentang berapa objek wisata yang akan dikunjungi. Usahakan semuanya satu line misalnya lokasi wisatanya ke arah barat. Cek berapa lokasi wisata yang ke arah barat. Jadi ngga bolak balik karena akan menghabiskan waktu diperjalanan. Jika melalui udara gunakan aplikasi yang mudah pesan tiket pesawat biar ngga ribet harus pesan tiket ke biro perjalanan. Tapi kalau pakai jalan darat gunakan transportasi yang beragam selain lebih hemat juga bisa menambah pengalaman tentang berbagai transportasi di daerah yang dikunjungi.

Membatasi barang bawaan
Ini selalu menjadi permasalahan khususnya ketika liburan bersama anak. Banyaknya barang anak yang harus dibawa menyebabkan over bagasi. Belum lagi oleh-oleh yang dibawa dari tempat wisata, wuih bakal tambah banyak deh. Sankin banyaknya sampai ngga tau lagi mana yang penting dan mana yang sebenarnya ngga penting-penting amat. So, sebelum berangkat coba deh untuk packing beberapa hari sebelumnya. Buat list barang apa saja yang memang benar-benar penting untuk dibawa. Kalau barang itu ada di jual dilokasi wisata mending beli di sana aja. Misalnya diapers yang sekali pakai buang.

Baju ganti juga dilist mana yang perlu dibawa dan tidak. Makanya menentukan lokasi wisata mana saja yang ingin dikunjungi tadi memudahkan kita untuk membawa pakaian apa saja yang cocok serta menghindari saltum alias salah kostum. Dengan membuat perencanaan matang liburan impianmu bisa jadi kenyataan.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Indonesia Corners dan JD.ID. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.

Pesan Tiket Pesawat