Terkuak Asal Usul Suara Terompet Sangkakala yang Menghebohkan

Warga dunia dari negara-negara Kanada, Ukraina, Belarus, Amerika Serikat, Australia, dan Jerman mengaku mendengar suara aneh mirip tiupan terompet dari langit. Saking anehnya suara yang muncul, beberapa saksi yang mendengar fenomena ini merekam momen tersebut, dan mengunggah ke situs video YouTube. Salah satu video yang memperlihatkan seorang anak terpaku dengan suara terompet itu mendapatkan jumlah pengunjung paling banyak, lebih dari 1,7 juta. Video itu diposting pengguna dengan nama akun Papa Schlumpf, yang berasal dari Jerman, diunggah sejak 4 April 2015. 

Dari hasil penelitian dari beberapa ahli menyebutkan bahwa suara terompet atau dengungan itu dengan istilah “The Hum”. Pada tahun 2009, para ilmuwan percaya telah memecahkan misteri yang berusia lebih dari 30 tahun ini. 

Coba tutup pintu dan jendela, matikan semua peralatan elektronik dan berdiam dirilah sejenak. Tiba-tiba kita merasa semua suara menjadi lenyap dan kemudian suara berdengung aneh mulai terdengar di telinga kita. Mungkin anda pernah mengalaminya dan bertanya : Suara apakah yang barusan terdengar? “Itulah fenomena yang disebut “The Earth’s Hum” atau “dengungan bumi”. Dengungan ini adalah suara berfrekuensi rendah yang dapat terdengar oleh sebagian orang di sebagian wilayah. Frekuensi suara ini hanya berkisar sekitar 10 hertz, jauh dibawah batas minimal frekuensi pendengaran manusia, yaitu 20 hertz. 

Di sebagian wilayah, suara ini bisa terdengar lebih keras dibanding tempat lain. Para ilmuwan di Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) percaya kebisingan berpotensi berasal dari “kebisingan latar belakang” Bumi.