Daftar Cemilan Buruk yang Harus Dihindari

Selektif lah dalam memilih cemilan. Berikut ini adalah daftar cemilan buruk yang harus Anda hindari. Mungkin saja beberapa diantaranya adalah cemilan favorit Anda: 

1. Burger, Isi tangkup roti, selembar daging, selembar keju ditambah selada dan acar akan menyetor 540 kalori, yang terbesar berasal dari lemak jenuh sebanyak 41 persen. Lemak jenuh sulit diuraikan oleh tubuh dan cepat diubah menjadi kolesterol. Seratnya terabaikan. Kandungan natrium atau sodiumnya mencapai 33 persen dari kebutuhan sehari. 

2. Nugget ayam instan, 6 potong nugget ayam menghasilkan 285 kalori, dimana 163 kalori berasal dari lemak dengan kolesterol sebanyak 52,8 mg. Kandungan natriumnya mengambil jatah 23 persen dari kebutuhan harian. Sedangkan, proteinnya tinggi, yakni 30 persen dari kebutuhan harian. 

3. Minuman soda, sekaleng minuman bersoda 355-470 ml mengandung 128 kalori. Sebanyak 127 kalori kalori berasal dari karbohidrat. Tidak ada zat gizi penting yang membantu tumbuh kembang anak dalam sekaleng soda. 

4. Kentang goreng, Dalam 30 batang kentang goreng terdapat 201 kalori dengan kandungan karbohidrat sebanyak 50 persen. Terdapat juga serat sebanyak 1,4 gram–masih jauh dari kebutuhan asupan per hari, yakni 36 g. Kandungan lemak yang aman kurang dari 25 persen dari jumlah kalori yang dikandungnya.