Selain Beras, Ini Dia Daftar Makanan Palsu Lainnya

Bukan hanya beras yang akhir-akhir ini banyak dibincangkan sebagai beras plastic yang palsu. Beberapa jenis makanan lainnya ternyata juga ditemukan dalam bentuk palsu. Hal ini bisa ditemukan di Cina. Jumlah penduduk yang banyak menyebabkan banyak para pedagang yang berlaku curang. Berikut ini adalah makanan palsu yang bisa ditemukan di Cina. 

Susu bubuk palsu 

Pada 2009 puluhan ribu bayi China keracunan produk susu palsu yakni mengandung melamin. Melamin ini ternyata bisa meningkatkan kadar protein susu. Tapi, sifat melamin tak bisa larut dalam air sehingga bisa menyebabkan gagal ginjal. 

Telur ayam palsu 

China memang sinting. Telur ayam saja bisa dipalsukan. Mereka membuat cangkang dengan campuran kalsium karbonat. Sementara isinya menggunakan natrium alginat, tawas dan gelatin. Telur palsu ini juga dapat membuat lambung Anda hancur. Bihun palsu Bihun palsu sebenarnya bihun asli namun dibuat dari tepung gandum kadaluwarsa dan berjamur. Siapa pun yang mengonsumsinya bakal mengalami diare hebat dan berpotensi meninggal dunia. 

Anggur palsu 

Belum ada penjelasan resmi bagaimana anggur palsu ini terbuat. Namun ini berdasarkan keterangan Jeannie Cho Lee, master wine yang tinggal di Hong Kong. Saat ke China daratan dia mencoba anggur dan langsung mengatakan kalau minuman itu palsu. 

Daging kambing palsu 

Aslinya ini daging tikus, rubah, dan musang. Daging-daging ini padahal sudah terinfeksi berbagai penyakit. Mereka mengubahnya sedemikian rupa agar terlihat seperti daging embek.