Desain Dapur Minimalis, Bingung Letak Barang Dimana?

Driau.com - Punya dapur minimalis bikin pusing ya? Bingung mau letak barang yang seabrek-abrek? Tenang aja... Tarik nafas dulu. Sambil ngopi kalo perlu.

Dapur ini seperti wilayah kekuasaannya para wanita. Meskipun tidak dipungkiri sekarang lelaki juga banyak yang doyan didapur. Profesi masak sudah seimbang dengan kontruksi. Kalau cowok bisa kerja bangunan kenapa cewek ngga? sama tu kayak masak. Cowok juga banyak yang bisa masak.

Cuma masalahnya dapur ini seringkali pabaliut kalo orang Sunda bilang. Semak kata orang Medan. Disitu ada kulkas, kompor, lemari makan, meja makan, plus segala panci, kuali dan baskom. Hadoohh mikirinnya aja udah bikin eneg ya.

But, jangan buru-buru naik sasak. Ngopi..ngopi.. Sambil ngopi kita kupas bareng-bareng ya gimana menata dapur minimalis supaya ngga keliatan sesak.

tips menata dapur

Pilah mana barang yang penting dan ngga penting
Ini basic ya buk. Karena kebanyakan perempuan mikirnya semua barang itu penting. Padahal ngga semua cocok dimasukkan ke dapur loh. Ada beberapa peralatan yang bisa misah dari teman-temannya. Si genk dapur itu. Mereka ngga marah kok. Paling baper sebentar aja.

Barang yang bisa disingkirin dari dapur  misalnya mesin cuci. Kebanyakan orang meletakkan mesin cuci di dapur. Alasannya karena deket sama kamar mandi. Lah kalo deket kenapa ngga dimasukkan sekalian ke kamar mandi? Atau bisa juga meletakkan mesin cuci di halaman belakang aja. Air cucian bisa dibuang langsung ke tanah, jadi cepat kembali ke habitatnya.

Intinya pilah dan pilih mana barang yang cocok di dapur atau ngga. Jangan semua di anggap penting. Entar sumpeng, ngomel lagi.

Kitchen Set penting supaya barang ngga berserakan
Kitchen set untuk dapur minimalis ngga usah gede-gede amat. Bikin yang imut tapi muat banyak. Nah, lo pikir aja sendiri. Pilih kitchen set yang menggantung dan dibawah kompor. Jadi atas bawah bisa diisi. Banyak kok pilihan kitchen set yang keren dan minimalis.

Pilih warna keramik dan cat yang cerah
Kebanyakan orang selalu mikirnya pilih warna keramik yang gelap biar kalau kotor ngga keliatan. Ampoonn keliatan malesnya ya. Justru warna gelap bikin dapur sempit jadi kelihatan makin sempit. So, pilih warna keramik yang cerah ceria. Misalnya orange, kuning, hijau cerah atau putih aja yang aman. Jangan takut kotor, kalau kotor tinggal di bersihin.

Memilih keramik yang ada pola atau motifnya juga bagus kok. Jadi bikin suasana dapur ceria. Kalau dapurnya sudah menyenangkan tentu berada didalamnya juga betah.

Pisahkan antara dapur kering dan basah
Pengertian dapur kering yaitu dapur yang digunakan untuk makan atau meletakkan barang yang tidak selalu harus dibersihkan. Sedangkan dapur basah itu tempatnya masak.  Pemisahan ini penting supaya asap atau kotoran dari dapur basah ngga menyebar kemana-mana.

Wall stiker juga bisa jadi alternatif dapur keliatan ceria
Sekarang kan lagi trend nih pake wall stiker. Nah, kamu juga bisa kok pakai wall stiker supaya dapur keliatan segar. Wall stiker juga ngga melulu untuk dinding kok. Udah banyak stiker yang dijual untuk nempel kulkas, kompor, rice cooker dll. Tinggal dipotong sesuai ukuran benda yang mau ditutup aja.

Pilih warna wall stiker yang senada dengan cat atau lantai keramiknya jadi keliatan matching dan ceria.

Intinya punya dapur minimalis ngga usah pusing dulu. Asal pandai menatanya pasti dapur minimalis itu tetap nyaman dipandang dan dikunjungi pemiliknya. Ya kamu donk pemiliknya. Yakan.