Pantai Teluk Makmur Wisata Dumai Yang Wajib Kamu Kunjungi

Driau.com -Pantai teluk makmur di kota Dumai ini mungkin masih jarang di ketahui orang luar. Seperti wisata daerah lainnya yang masih jarang terekspos sehingga hanya orang lokal saja yang tau. Ini cukup memprihatinkan ya. Sebab sebenarnya banyak wisata daerah yang bisa dieksplor keindahannya. Hanya saja butuh peran serta semua pihak. Baik pemerintah maupun masyarakat setempat. Bagaimana menjaga lokasi wisata agar tetap nyaman ketika dikunjungi.

Berbicara soal wisata pantai. Indonesia adalah salah satu negara penghasil wisata pantai yang tidak ada habisnya. Berapa banyak wisata pantai yang bisa dinikmati di negara ini. Coba hitung sendiri deh, dari yang sudah di eksplor besar-besaran seperti Kuta Bali. Sampai yang masih sembunyi malu-malu seperti Pantai Teluk Makmur ini.

Keuntungan menikmati wisata pantai yang masih belum banyak diketahui orang luar itu adalah keindahan alamnya yang masih terjaga. Kebersihan dan lingkungan yang nyaman. Berbeda dengan yang sudah dieksplor tadi. Kebanyakan masalah yang terjadi adalah sampah, kenyamanan yang jauh berkurang dan harga barang atau jasa yang cukup mahal.

Baiklah supaya kalian kenal lebih dekan dengan Pantai Teluk Makmur, yuk kita telusuri bersama.

wisata dumai riau
wisatanasional.net

Pantai Teluk Makmur berada di kota Dumai tepatnya di Jl. Masjid Teluk Makmur, Kel: Teluk Makmur, Kec Medang Kampai, Dumai. Sepanjang mata memandang akan dimanjakan dengan  dengan daratan berpasir dan bebatuan. Batu ini sengaja disusun untuk menahan gempuran ombak yang menerjang daerah pinggiran pantai. Sebab bila pasang, ombaknya naik hingga daratan Pantai Teluk Makmur. 

Debit air di Pantai Teluk Makmur terbilang besar sebab debit air yang mengalir dari sungai kecil yang berada disekitarnya akan mengarah terus ke pantai. Meskipun saat musim kemarau debit air sungai ini tidak berkurang. Itu sebabnya mengapa Pantai Teluk Makmur tetap memiliki ketinggian air yang stabil. Pertemuan antara air yang berasal dari sungai dengan perairan luat menyababkan airnya bersifat payau.

Kedalaman air disekitar pantai hanya mencapai mata kaki orang dewasa sehingga anak-anak bisa bermain disekitarnya. Pasir yang putih dan cenderung halus membuat Pantai Teluk Makmur menjadi tempat favorit anak. Orang tua tidak perlu khawatir karena anak-anak bisa dengan aman bermain pasir tanpa takut air akan naik. 

Biasanya debit air akan bertambah tinggi saat malam hingga subuh. Pada beberapa bagian terlihat aliran air ini mengalir diantara bebatuan yang memang banyak terdapat di Pantai Teluk Makmur. Akibat aliran air yang bergerak terus-menerus melewati kontur permukaan tanah, maka daerah yang dilewati oleh aliran ini menjadi lebih rendah dari permukaan tanah yang ada di kedua sisinya. 

Untuk mencapai ke lokasi wisata ini bisa dilalui dengan kendaraan bermotor, mobil dan bus berukuran sedang. Akses jalan yang sudah bagus merupakan kemudahan tersendiri sehingga pengunjung tidak keletihan selama diperjalanan. Sesampainya dilokasi Anda akan dikenakan uang jasa masuk sebesar 20.000 untuk mobil/bus, dan 5.000 untuk motor.

Pantai Teluk Makmur juga memiliki pondok pondok yang dapat digunakan untuk bersantai. Pondok yang berdiri diatas perairan pantai teluk makmur ini, terbuat dari bahan baku kayu ini ditopang oleh tiang penyangga dibawahnya mirip seperti desain rumah panggung. Desain panggung ini memungkinkan pondok bisa berdiri meskipun bangunannya berada diatas perairan Pantai Teluk Makmur.

Pondok-pondok ini berada di atas air dan untuk sampai ke pondok ada jembatan penghubung dari darat. Jembatan ini terbuat dari kayu yang terbilang cukup kuat jadi pengunjung tidak perlu khawatir akan jatuh ke air. Pondok ini dibangun oleh masyarakat setempat sebagai tempat peristirahatan sementara bagi pengunjung yang tidak ingin berpanas-panas.

Bagi yang berada di luar Dumai cobalah untuk menjadikan Pantai Teluk Makmur sembagai destinasi wisata jelang liburan. Untuk kemudahan transportasi Anda bisa menggunakan jasa Travel Pekanbaru Dumai. Jadi yang belum pernah ke Pantai Teluk Makmur jangan takut nyasar karena team travel akan mengantar ke tujuan dengan selamat. So, jadikan Pantai Teluk Makmur ada dalam list liburan Kamu ya.