Orang Terkaya di Dunia Kunjungi dan Sumbang Indonesia

Orang terkaya di dunia Bill Gates (5/4) mengunjungi Indonesia untuk meluncurkan The Indonesia Health Fund bersama sejumlah pengusaha nasional. Dalam acara tersebut, Bill Gates sebagai pemilik dari Bill & Melinda Gates turut mendonasikan dananya sebesar US$ 40 juta atau sekitar Rp 451,3 miliar. 

Dalam acara yang dilaksanakan di Hotel Sangrila Jakarta tersebut tampak dua Menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II hadir mendampingi Bill Gates, yaitu Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono dan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi. Selain itu juga didampingi penyelenggara dari Mayapada Group yaitu Tahir. "Kami terima kasih kepada Mr Bill Gates yang telah berpartisipasi dan peduli terhadap masa depan orang-orang Indonesia," ungkap Menkokesra, Agung Laksono di Hotel Sangrila, Jakarta, Sabtu (5/42014). Agung mengungkapkan dana yang terkumpul dari The Indonesian Health Fund tersebut nantinya akan digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yaitu malaria, TBC, HIV-AIDS, demam berdarah, dan Keluarga Berencana (KB). "Kami tahu, beberapa permasalahan kesehatan di Indonesia saat ini seperti yang saya sebutkan masih sangat tinggi, untuk itu saya sekali lagi berterimakasih," tegasnya. 

Tanpa diketahui banyak media, pendiri Microsoft Bill Gates hari ini diam-diam bertandang ke kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Kabar ini justru diketahui dari postingan tweet salah satu staf UGM di Twitter. Dalam foto yang di-upload oleh pemilik akun twitter @nasirullah5itam itu, tampak Bill Gates sedang duduk di salah satu kursi yang ada di lingkungan kampus Fakultas Kedokteran UGM mengenakan kemeja warna biru dan celana warna krem. Kepalanya ditutupi topi. Ia terlihat sangat santai dan kasual. Gates terlihat tidak ditemani oleh sang istri, Melinda Gates. Ia hanya ditemani beberapa orang stafnya. Kedatangan Bill Gates ke UGM rupanya memang sengaja dirahasiakan. "Dia tidak mau diekspos, memang sengaja dirahasiakan karena permintaan dari Bill Gates begitu," kata salah satu dosen UGM, Sabtu (5/4/2014). 

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa Bill Gates 'mengancam' tidak akan jadi datang ke UGM jika kedatangannya sampai terekspos oleh media. Beberapa nara sumber dosen yang kami hubungi via telepon hingga kini terkesan kompak tutup mulut. Rektor UGM Pratikno juga belum bisa dihubungi. "Sebagai tuan rumah kami hanya memenuhi permintaannya saja untuk menutupi kedatangan Bill Gates", kata sumber tersebut. Gates berkunjung ke Fakultas Kedokteran UGM untuk membahas tentang penelitian dan beberapa program milik UGM. Salah satunya kerjasama penelitian tentang Demam Berdarah atau Demam Dengue (DBD) dengan Bill and Melinda Gate Foundation.