Giliran Indonesia Jadi Target Pasar Smartphone ZenFone Asus

Lagi Indonesia menjadi target pemasaran smartphone. Kini Indonesia menjadi sasaran Asus untuk produk ponsel teranyar mereka, seri Zenfone. Tak mengherankan produk Zenfone dengan seri 4,5, dan 6 utnuk pasar Asia Tenggara dirilis di tanah air. Kemarin (15/4), seri ponsel pintar itu diluncurkan di Pullman Hotel Jakarta . Acara ini diikuti oleh media dari beberapa negara, seperti dari Vietnam , Malaysia , dan Singapura. Tribun Jambi termasuk satu dari sejumlah wartawan yang turut diundang. Asus Zenfone 4,5, dan 6 membenamkan prosesor Intel dan mengusung sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean yang dapat langsung ditingkatkan ke Kitkat. 

Asus menambahkan fitur khusus, seperti desain antar muka eksklusif ZenUI yang diakui Asus memberikan kemudahan dan kenyamanan yang melebihi tampilan Android standar. Bahkan Asus tak sungkan menyebut smartphone ini menyamai produk iPhone dan Samsung. CEO Asus Jerry Shen mengatakan ingin menghadirkan pengalaman menggunakan ponsel yang menyamai iPhone dan Samsung S4 dan S5 namun dengan harga yang terjangkau. 

“Ponsel yang menghadirkan pengalaman terbaik, dengan harga terbaik. Inilah tujuan kami," kata Jerry. Mengusung prosesor Intel yang memberikan kecepatan akses, responsif, dan multitasking yang lancar, masing-masing seri juga memilki spesifikasi tersendiri. Mulai dari media penyimpanan internal sebesar 1 GB untuk Zenfone 4 dan 5, serta 2 GB untuk Zenfone 6. Masing-masing juga ditambah dengan penyimpanan eksternal sebesar 8 GB, dan tambahan gratis penyimpanan di webstore Asus sebesar 5 GB. Asus Zenfone 4 dan 5 memiliki kamera belakang 5 MP. Adapun Zenfone 6 memilki kamera belakang 8 MP. Dengan beragam keistimewaan yang ditawarkan oleh Asus dalam seri-serinya, harga yang dibanderol juga cukup terjangkau. Zenfone 4 misalnya, dijual di Indonesia dengan harga yang fantastis Rp 1,099 juta. Zenfone 5 Rp 2,099 juta dan seri 6 hanya Rp 3,099 juta. Jonney Shih, Chairman Asus dan Jerry Shenlangsung memperkenalkan produk ini di hadapan media dari beberapa negara. 

Indonesia dipilih sebagai tempat peluncuran untuk skala Asia Tenggara dengan alasan karena pengguna gawai di negeri ini cukup besar, dan menjadi pasar potensial bagi Asus. Acara peluncuran juga dihadiri Vice President Intel, sebagai partner Asus. Fitur unggul lainnya yang dibanggakan oleh Asus dalam ponsel garapannya ini adalah kamera dengan teknologi pencahayaan rendah, namun tetap dapat menghasilkan gambar foto yang jelas. 

Asus juga membanggakan layar yang anti gores. Mengenai target, pihak Asus menargetkan ketiga produk ini terjual 1,6 juta unit selama 2014. Hal tersebut diungkapkan Manager Product Asus Indonesia , Juliana Cen, kepada wartawan di sela-sela acara. "Target kami Asus Zenfone ini terjual 1,6 juta unit untuk 2014, dan sudah dapat diperoleh oleh konsumen hari ini kalau produknya masih tersedia, mengingat sebelum peluncuran sudah banyak yang melakukan pemesanan. Namun barang tiap minggu datang terus," kata Juliana. Menurutnya, ini kali pertama Asus meluncurkan seri ponsel pintar setelah sebelumnya Asus lebih terkenal sebagai produsen notebook dan tablet. Tapi Juliana mengakui, Asus sudah penah mengeluarkan produk ponselnya namun tidak semasif peluncuran kali ini.