Wah, Kamera Samsung Galaxy S5 Bermasalah

Seperti diketahui bahwa nit kamera 16 megapixel merupakan salah satu aset terbaik pada ponsel pintar Android Galaxy S5 yang diandalkan Samsung. Tetapi fitur itu jugalah yang mewajibkan Samsung mengganti unit karena beberapa model Galaxy S5 dilaporkan mengalami masalah pada kamera. 

Kompas menyebutkan banyak terjadi keluhan para pengguna di forum-forum dunia maya. Keluhan tersebut diketahui dari forum-forum online. Pengguna Galaxy S5 mengatakan fitur kamera mereka bermasalah —terutama model Galaxy S5 yang dijual operator telekomunikasi Verizon Wireless di Amerika Serikat. Menurut laporan, keterangan "Camera Failure" di layar muncul secara acak di beberapa ponsel Galaxy S5. Tidak ada penyebab yang jelas atas masalah itu. Kepada blog teknologi The Verge, Samsung mengkonfirmasi bahwa mereka mengetahui laporan itu dan secara aktif berusaha membantu pelanggan yang terkena dampak. "Kami telah memelajari bahwa sejumlah perangkat Galaxy S5 mungkin memiliki masalah yang memunculkan pesan pop-up berbunyi "Camera Failure," ujar pihak Samsung. 

Di Amerika Serikat, pemilik Galaxy S5 yang mengalami masalah pada kamera diminta menghubungi layanan pelanggan Samsung atau mengunjungi operator telekomunikasi masing-masing untuk melakukan penukaran unit. Bila masalah tersebut dialami oleh para pengguna di banyak negara, lalu apakah masalah ini juga dialami pemilik Galaxy S5 di Indonesia? KompasTekno telah menghubungi Samsung Indonesia dan menanyakan soal kebijakan untuk konsumen, namun belum mendapat jawaban. Galaxy S5 sudah masuk pasar Indonesia pada 11 April 2014 lalu. 

Ponsel premium dari Samsung ini dihargai Rp 8,5 juta. Galaxy S5, yang memakai sistem operasi Android 4.4.2 Kitkat, memiliki bentang layar sebesar 5,1 inci. Panel layarnya mengusung teknologi Super AMOLED dengan kualitas Full HD. Dapur pacunya dilengkapi dengan spesifikasi antara lain prosesor Qualcomm Snapdragon 801 kecepatan 2,5 GHz quad-core, RAM 2 GB, media penyimpanan berkapasitas 16GB, dan baterai 2.800 mAh. Dari sektor kamera, Galaxy S5 memakai sensor 16 megapiksel di kamera belakang disertai lampu kilat LED. Ia mampu merekam dengan kualitas UHD (4K) dan real-time HDR. Di bagian depannya terdapat kamera 2,1 megapiksel.