Ozil Rela Tak Puasa Demi Bela Jerman di Piala Dunia

mesut ozil
Sebuah dilema tentunya bagi para pemain sepak bola muslim di ajang Piala Dunia. Jadwal pertandingan yang terjadi di bulan Ramadhan menguji seberapa taat masing-masing pemain dengan kewajiban beragama. Sebentar lagi umat muslim di dunia akan menyambut bulan suci Ramadhan. Setiap muslim dewasa diwajibkan untuk berpuasa, termasuk buat pemain sepak bola. Ramadhan bakal berbarengan dengan babak fase grup 16 besar Piala Dunia 2014. 

Beberapa tim yang lolos memiliki pemain muslim, antara lain adalah gelandang Jerman, Mesut Oezil. Pemain berdarah Turki ini memilih untuk tidak menjalankan ibadah puasa, mengingat dirinya sedang membela timnas Jerman. "Ramadhan akan dimulai akhir pekan ini, tetapi saya tidak akan ikut berpuasa dulu karena saya harus bermain sepak bola," kata Oezil dalam konferensi pers, seperti dikutip Reuters, Kamis (26/6/2014). Emma Gardner, ahli gizi di English Institute of Sport menjelaskan, dirinya sudah melakukan penelitian dengan studi kasus di tim hoki Inggris, yang bermain dalam kondisi puasa. 

"Jika pemain sepak bola sedang berpuasa, waktu optimal untuk pertandingan adalah sore ke malam hari. Karena itu yang paling dekat dengan waktu berbuka dan dapat menghindari dehidrasi," katanya, menjelaskan strategi untuk mengimbangi olahraga dan puasa. "Beberapa atlet memilih untuk menggunakan metode pembilasan mulut, di mana biasanya mereka membilas mulut dengan air, tanpa menelan (berkumur)," lanjut Gardner, yang sebelumnya bekerja sama dengan klub sepak bola Inggris Blackburn Rovers. 

Dilanjutkannya, ada penelitian yang menunjukkan bahwa berkumur memiliki manfaat kognitif karena membuat pemain seperti meminum air. "Jika tidak, Anda dapat menggunakan hal lain seperti handuk dingin, yang juga bisa membantu menenangkan diri." Dehidrasi dapat memiliki efek negatif pada performa pemain sepak bola. Hilangnya satu sampai dua persen cairan tubuh bisa menyebabkan masalah dengan konsentrasi yang berimbas pada fokus di pertandingan. Namun, alternatif terbaik adalah untuk berkonsultasi dengan pelatih guna memastikan aktivitas fisik dan pemulihan yang bisa direncanakan dengan baik. Pemain juga bisa mendapat rekomendasi hanya berlatih sekali sehari bila berpuasa.