Jelang Duel Dua Tim Raksasa Jerman Vs Portugal

Duel dua tim raksasa, Jerman melawan Portugal pada laga grup G di Arena Fonte Nova, Senin (16/6/2014) menyajikan sejumlah fakta menarik. Penyerang Jerman, Miroslav Klose, berada di pengujung rekor baru di Piala Dunia. Berikut ini fakta-fakta tersebut seperti dikutip dari Info Strada. Miroslav Klose yang telah mencetak 14 gol di Piala Dunia, hanya terpaut satu gol dari rekor gol Ronaldo di Piala Dunia. Untuk pertama kalinya sejak 1954 skuat tim nasional Jerman terdiri dari pemain-pemain yang tidak pernah menyaksikan Der Panser menjuarai Piala Dunia. 

Cristiano Ronaldo akan tampil pada turnamen besar keenamnya bersama Portugal. Dia selalu mencetak gol pada lima turnamen sebelumnya. Dia bisa menyamai rekor selalu mencetak gol pemain Eropa di enam turnamen mayor yang sebelumnya dipegang oleh Jurgen Klinsmann (Jerman). Dengan statusnya sebagai pemain terbaik di dunia, tak salah publik berharap kepada Ronaldo untuk membawa Portugal menjadi juara. Namun melihat kekuatan Seleccao secara keseluruhan, harapan itu mungkin agak berlebihan. Secara individu Ronaldo memang menonjol. 

Namun kemampuannya itu tak diimbangi rekan-rekannya yang lain. Berbeda dengan saat ia tampil di Real Madrid. Karena itulah, banyak yang kemudian menyebut Portugal adalah Ronaldo, Ronaldo adalah Portugal. Tanpa Ronaldo, Portugal seakan kehilangan ruhnya. Sebagai kapten, Ronaldo punya peran yang sangat sentral. Ia pencetak gol terbanyak untuk negaranya dengan koleksi 50 gol dari 112 pertandingan. Ia juga berandil besar membawa Portugal lolos dari babak kualifikasi dan play off Piala Dunia 2014, setelah menyingkirkan Swedia. Jerman akan menjadi tim pertama yang melakoni 100 pertandingan di Piala Dunia. Dari 99 pertandingan sebelumnya Jerman memetik 60 kemenangan, 19 kali imbang, dan 20 kali kalah.