Diusulkan, Jalan Pakning-Dumai Jadi Jalan Nasional

Upaya pengembangan segmentasi lalu lintas jalan di Riau kembali dilakukan. Kali ini jalan yang ada di Kabupaten Bengkalis. Seperti diberitakan Riau Pos, jalan lintas antara Sungai Pakning Kecamatan Bukitbatu Kabupaten Bengkalis menuju Pelintung Kota Dumai diusulkan statusnya untuk ditingkatkan menjadi jalan nasional. Mobilitas yang tinggi merupakan salah satu alasan jalan lintas tersebut diusulkan naik status menjadi jalan nasional. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bengkalis Ir Muhammad Nasir MT mengatakan, diusulkannya peningkatan status jalan Sungai Pakning-Dumai dikarenakan berbagai pertimbangan. 

Di antaranya mobilisasi kendaraan baik angkutan umum, truk maupun kendaraan pribadi setiap harinya yang melintasi jalan tersebut mencapai ribuan unit kendaraan. ‘’Kita akan segera mengusulkan supaya status jalan Sungai Pakning-Dumai bisa dijadikan sebagai jalan nasional. Untuk usulan tersebut kita sudah melakukan kordinasi dan berkomunikasi dengan Dinas PU kota Dumai, karena sudah selayaknya jalan lintas itu ditingkatkan statusnya, seperti jalan lintas Duri menuju Dumai atau Rokan Hilir,’’papar Nasir. 

Lebih lanjut Nasir menjelaskan, selain arus kendaraan yang tinggi, juga faktor perekonomian, sebab jalan lintas tersebut merupakan juga salah satu denyut nadi perekonomian kedua daerah, yaitu Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai. Usulan itu akan disampaikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta untuk segera ditingkatkan statusnya. Kemudian sambung Nasir, peningkatan status jalan juga seiring dengan dilaksanakannya pekerjaan proyek jalan lingkar Bukit Batu-Siak Kecil yang menggunakan sistem multiyears. Nantinya, dari Kabupaten Siak bisa terus ke jalan lingkar di Siak Kecil di Desa Langkat sampai Buruk Bakul, Kecamatan Bukit Batu, terus ke jalan lintas menuju Kota Dumai via Pelintung. ‘’Oleh karena itu, jalan lintas Sungai Pakning-Dumai bukan lagi merupakan jalan alternatif, karena orang dari berbagai kabupaten lain di Riau menuju Dumai bisa melintasi jalan tersebut, tentunya setelah jalan lingkar Siak Kecil-Bukitbatu selesai dikerjakan,’’ ungkap Nasir. 

Nasir mencontohkan seperti orang Pelalawan, Inhu, Siak atau Meranti via darat yang menuju Kota Dumai bisa melewati jalan lintas Sungai Pakning Pakning. Karena jarak tempuh serta tingkat keramaian kendaraan masih relatif rendah.