Ini Daftar Buah yang Harus Anda Konsumsi Selama Berpuasa

Mengkonsumsi buah-buahan selama berpuasa sangat baik untuk cadangan air dalam tubuh. Orang yang saat berpuasa merasa sangat haus dan dahaga biasanya karena pada saat sahur dan berbuka kurang makan buah dan sayur. Jika Anda penggemar buah, berikut ini adalah daftar buah yang bisa Anda konsumsi selama berpuasa untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh: 

Anggur 
Selain tinggi kandungan air, anggur juga mengandung resveratrol. Zat ini merupakan antioksidan yang ramah untuk hati. Anggur juga banyak pilihan jenis, mulai dari anggur ungu, anggur merah, anggur hitam dan anggur hijau. Alternatif penyajian: potong anggur menjadi salad buah atau makan langsung tanpa dipotong-potong. Memakan anggur dengan tambahan sepotong keju dan taburan kopi juga bisa dijadikan pilihan lain. 

Air Kelapa 

Kandungan air pada air kelapa mencapai 95 persen. Air kelapa juga mengandung sedikit natrium dan karbohidrat yang relatif rendah. Alternatif penyajian: Diminum langsung selagi segar. Belilah kelapa di pedagang lokal dan hindari air kelapa yang dikemas dalam karton karena mengandung pengawet yang tinggi. 

Blewah 
Blewah memiliki kandungan air 89 persen. Blewah adalah buah yang sangat baik untuk mendorong produksi energi dan membantu kestabilan gula darah. Alternatif Penyajian: Serut daging belewah dan campur dengan sorbet instan. Bisa juga belewah dipotong dadu sebagai campuran salad bersama semangka dan melon. 

Nanas 
Buah yang mengandung banyak air ini mengandung bromelain dan zat anti-inflamasi yang tinggi. Bromelain efektif untuk menghindari penggumpalan darah. Sementara antiinflamasi mengurangi peradangan. Alternatif penyajian: Goreng nanas (tanpa kulit) dan campurkan dengan yoghurt atau eskrim. Buat sate buah menggunakan nanas, stroberi, anggur dan melon. 

Mangga 
Mangga mengandung kalori yang cukup tinggi, yakni 135 kalori. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin A, C dan B6