Waspadai Hal-Hal Ini Saat Anda Buka Bersama

Meski bulan Ramadhan baru berjalan beberapa hari, beberapa diantara Anda pastinya sudah ada yang memiliki jadwal buka bersama yang cukup padat. Buka bersama menjadi kebiasaan banyak orang di Indonesia. Momen ini banyak dimanfaatkan untuk bertemu orang-orang yang jarang bertemu di selain bulan puasa. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda mengikuti jadwal buka bersama yang begitu padat, diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Perhatikan kesehatan menu yang Anda konsumsi, memakan makanan di luar memberikan resiko kesehatan yang lebih besar dibanding masakan yang secara jelas Anda masak sendiri. Perhatikan juga apa yang pertama kali Anda konsumsi, jangan meminum es di waktu pertama kali berbuka, terutama untuk para penderita gejala mag. Hindari makan terlalu banyak karena sangat buruk bagi kesehatan lambung. Hindari juga makanan berlemak karena akan berdampak pada shalat terawih yang akan dijalankan. 

2. Pastikan kendaraan Anda dalam keadaan aman, rumah yang Anda tinggalkan aman karena bisa jadi para pencuri memanfaatkan hal-hal rutin semacam ini untuk menjalankan aksinya. 

3. Berbuka puasa bersama bukan lah hal yang esensi dalam ibadah di bulan Ramadhan, shalat tarawih dan tilawah Al Quran jauh lebih penting. Banyak orang yang lalai menjalankan ibadah yang lain karena sibuk berbuka puasa hingga terlambat shalat tarawih. Kebiasaan masyarakat di Makkah adalah berkumpul satu jam sebelum berbuka untuk berdoa karena waktu sebelum berbuka adalah waktu yang sangat mustajab untuk berdoa.