Gamis Batik Modern

Gamis batik modern – Batik adalah warisan budaya yang sudah diakui dunia sebagai milik asli Indonesia. Tentu saja hal ini membuat Kita bangga ya. Dan jangan sungkan untuk memakai baju atau memperbaharui fashion kekinian Kamu dengan batik. Sebab batik ini adalah fashion yang everlasting alias ngga ada matinya. 

Bukti bahwa batik merupakan fashion yang akan selalu ngehits tentu saja tidak lepas dari kerja tangan para pengrajin batik, perancang busana batik, pabrik kain batik, distributor, seller sampai pembelinya. 

Jika dulu banyak yang sungkan memakai batik karena dianggap kurang kekinian, old, kuno atau cocoknya untuk oma opa yang sudah sepuh karena batik identik dengan jarik. Eits, berhenti berfikiran seperti itu ya teman. Nyatanya geliat batik semakin kekinian dan mendunia. Kalau Kamu ingin mengubah fashion Kamu di tahun 2018 ini ngga ada salahnya loh memasukkan batik ke dalam list fashion Kamu. Apa lagi untuk yang senang pakai gamis. Sekarang gamis batik modern motifnya keren-keren loh.  


Tips memilih gamis batik modern 

1. Mengkombinasikan dua motif batik sekaligus Meskipun orang bilang gamis itu modelnya itu-itu aja maksudnya kayak long dress hanya saja lebih syar’I tapi jangan salah, dengan sentuhan batik, gamis tadi bisa lebih fashionable. Cobalah untuk mengkombinasikan bahan lain ke dalam batik atau mencampurkan dua motif batik kedalam satu gamis. Hasilnya gamis Kamu akan lebih enak dipandang mata dan terlihat modern. 

2. Memilih bahan batik yang mencerminkan dirimu Bahan batik yang paling lentur dan adem banget itu biasanya berbahan katun tapi saat ini ada banyak bahan kain dengan motif batik. Kamu bisa memilih yang paling menonjolkan dirimu banget. Misalnya untuk yang ngga suka repot-repot nyetrika boleh tuh pilih bahan satin atau rayon yang tidak gampang kusut dan cocok untuk gamis. 

3. Kombinasi batik dengan motif polos Batik sejatinya cocok dikombinasikan dengan motif lain apalagi polos karena motif batik kebanyakan sudah penuh, jadi Kamu bisa mengkombinasinya dengan bahan polos. Kadang Kita akan menemui bahan baju yang berisi batik dan motif polos untuk dijadikan satu pasang baju. Jadi Kamu bisa memilih dua motif yang berbeda untuk gamis batik modern mu.  

Tips merawat gamis batik modern 

Karena batik sifatnya elegan, mewah dan warisan budaya ngga ada salahnya donk kalau perawatannya juga sedikit berbeda dari yang lain. Nyatanya merawat kain batik memang membutuhkan cara khusus supaya motifnya ngga cepat luntur dan serat kainnya terawat. 

Cara merawat gamis batik modern bisa dilakukan dengan memisahkannya dari baju yang lain karena dikhawatirkan luntur. Setelah dipisahkan dari baju yang lain, gunakan shampoo untuk mencucinya karena bahan shampoo lebih lembut jadi tidak merusak serat kain. 

Rendam gamis batik Kamu dalam air yang sudah diberi shampoo, diamkan sebentar lalu kucek perlahan hanya dibagian yang dianggap kotor saja misalnya kerah, pangkal lengan, ujung lengan dan ujung kaki. Jangan gunakan sikat baju karena akan merusak kain.

Jemur ditempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung karena jika dijemur pada tempat yang panas corak batik akan cepat pudar. Bahan batik yang halus biasanya tidak memerlukan waktu lama untuk kering jadi Kamu bisa angin-anginkan dan letakkan ditempat yang teduh. 

Hindari penggunaan mesin pengering karena bisa membuat gamismu kusut dan akhirnya susah di setrika. Menyetrika gamis batik modern juga ada caranya loh, jangan setrika dalam kondisi sangat panas cukup sedang-sedang saja. Jika gamismu berbahan satin atau rayon tadi cukup setrika ditempat yang dirasa kusut saja juga dengan panas yang sedang. 

Untuk batik tulis karena mahal sekali perawatannya juga jadi lebih istimewa. Kalau takut rusak Kamu bisa bawa ke jasa cuci uap. Disana gamis batik modernmu akan di cuci kering dan di setrika uap tentu saja hasilnya akan lebih bagus dan lebih terawat. 

Teman, bagaimana cara Kamu merawat gamis batik modernmu? Share disini ya.