Tahun ini Kontes Robot Di Surabaya Makin Semarak

Surabaya, Driau.com - Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) raih juara umum Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat Nasional pada final Kontes Robot Indonesia 2013 di GOR Jatidiri, Jatingaleh, Kota Semarang, 8-10 Juni 2013. Ajang ini merupakan ajang yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia mampu bersaing dengan negara lain di bidang robotika.

Juara kedua ditempati Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, juara ketiga Politeknik Negeri Batam, dan tuan rumah Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang meraih juara harapan. Dengan kemenangan ini, PENS akan mewakili Indonesia pada ajang Kontes Robot tingkat Asia di Vietnam pada Agustus mendatang. Seleksi Kontes Robot Indonesia ini diselenggarakan mulai tingkat regional sejak 21 Januari 2013.

"Kontes Robot tahunan ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk berkompetisi dan berprestasi. Melalui ajang ini akan muncul grup yang menguasai bidang robotika, jelas Ketua Komunitas Robot Indonesia, Adiatmo Rahardi.

Menurut Adiatmo, kelebihan Indonesia dalam dunia robotik internasional pun sudah dapat dibuktikan dalam kontes robot tingkat internasional dan telah memiliki prestasi yang cukup baik

Ada berbagai kategori yang dipertandingkan dalam Kontes Robot Indonesia kali ini, seperti Robot Sepak Bola, Robot Menari, dan Robot Pemadam Api. Pertandingan robot sepak bola berjalan lambat, satu tim hanya terdiri dari 3 robot dengan lapangan ukuran sekitar 2 x 2,5 meter. Robot bergerak berdasarkan sensor yang telah diprogram, dan disesuaikan dengan wana bola yakni orange.

Sedangkan pemenang pada kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) divisi beroda, juara pertama Politeknik Negeri Surabaya, kedua Politeknik Negeri Semarang (Polines) dan ketiga Institut Teknologi Surabaya (ITS).

Untuk Kontes Robot Pemadam Api divisi berkaki, juara pertama Politeknik Negeri Bandung, juara kedua Universitas Taruma Negara, juara ketiga Institut Teknologi Surabaya (ITS). Kategori Robot Menari dimenangkan oleh Politeknik Negeri Ujung Pandang, juara kedua Universitas Indonesia, juara ketiga STIMIK Rahmawati Tarakan. (rls/kontributor/RC)

kontes robot

 

 

 

 

Berikut ini daftar Pemenang Kontes Robot Indonesia 2013

1. Kategori Kontes Robot Indonesia (KRI)

Juara 1 : Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Juara 2 : Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya(ITS)

Juara 3 : Politeknik Negeri Batam (Polibatam)

 

2. Kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI)

- DIVISI BERODA

Juara 1 : Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dengan score sisa 4,6

Juara 2 : Politeknik Negeri Semarang (POLINES) dengan score sisa 456,9

Juara 3 : Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya(ITS) dengan score sisa 485,1

 

- DIVISI BERKAKI

Juara 1 : Politeknik Negeri Bandung dengan score sisa 43,7

Juara 2 : Universitas Taruma Negara dengan score sisa 49,9

Juara 3 : Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dengan score sisa 57,2

 

3. Kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI)

Juara 1 : Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Juara 2 : Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga

Juara 3 : Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

 

4. Kategori Kontes Robot Seni Indonesia (KRI)

Juara 1 : Politeknik Negeri Ujung Pandang

Juara 2 : Universitas Indonesia (UI)

Juara 3 : STIMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati Tarakan

 

Desain Terbaik : Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)