Jelang Pilpres, Inilah Dua Keyword Paling Populer di Google

Pemilu Pilres 2014 berlangsung kurang dari dua bulan lagi. Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan dua pasangan capres-cawapres yakni Joko Widodo-Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.Bagi Anda para pengguna internet yang melek dengan isu perpolitikan tanah air tentunya akan maklum jika dua keyword inilah yang paling banyak dicari orang di mesin pencari google. Untuk keyword pertama yakni ‘agama jokowi’ dan yang kedua adalah ‘kekayaan prabowo’. 

Seiring dengan deklarasi dan lolosnya dua pasangan tersebut, masyarakat makin antusias untuk mencari informasi terkait dua pasangan itu. Pengguna internet Indonesia pun tak kalah dalam melakukan pencarian keempat calon pemimpin itu. Menariknya, hasil analisa Tren Pencarian Google memperlihatkan keingintahuan pemilih atas dua pasangan itu. 

Pengguna internet yang mencari sejak tanggal 1 sampai 21 Mei 2014 menunjukkan rasa keingintahuan dengan mencari informasi agama, keluarga sampai kekayaan dua pasangan itu. Seperti yang diberitakan oleh viva news, dua kandidat capres, Jokowi dan Prabowo tak lepas dari pencarian latar belakang agama. Pemilih beraksi dengan isu yang menyebar dengan melakukan pencarian 'agama Jokowi sebenarnya' dan 'foto pernikahan Jokowi'. Pencarian ini tampaknya mewakili keingintahuan pemilih mengenai asal usul dan kebenaran isu yang beredar. Pemilih juga ingin tahu mengenai agama Prabowo, tercatat ditemukan pencarian 'Prabowo Kristen', termasuk salah satu pencarian terpopuler untuk Prabowo Subianto. Diketahui ibu Prabowo beragama kristen. Di luar informasi agama, pemilih juga penasaran dengan profil keluarga kedua capres itu. Analisa mencatat terdapat pencarian 'nama asli Jokowi', 'foto anak Jokowi' maupun 'Jokowi Cina?'. 

Sedangkan tak kalah penasaran, pemilih juga mencari informasi keluarga Prabowo. Pencarian 'Didit Prabowo Subianto', 'Hasyim adik Prabowo' menghiasi pencarian populer Prabowo. Capres dari Partai Gerindra itu juga tak lepas dari pencarian seputar aktivitasnya, di antaranya 'Mei 1998 Prabowo', 'Buruh dukung Prabowo' sampai 'Youtube Prabowo Subianto'.