MUI Produksi Film Buya Hamka

Bagi para pecinta karya dan ketokohan Buya Hamka, kini bakalan semakin dipuaskan dengan kehadiran film mendidik yang diproduksi Majelis Ulama Indonesia. Seperti diberitakan oleh Republika Online, MUI memproduksi film tentang salah satu mantan ketua umum MUI Buya Hamka. Film ini mengangkat kisah perjalanan hidup dan perjuangan Buya Hamka dalam perkembangan Islam di Indonesia. 

 Ketua MUI Bidang Seni dan Budaya KH Achmad Kholil Ridwan mengatakan, film tentang Buya Hamka sangat layak dibuat karena ia merupakan tokoh yang fenomenal dan luar biasa di Indonesia. ''Film ini bertujuan memberikan motivasi kepada generasi muda Islam di Indonesia untuk mengenal tokoh-tokoh Islam, seperti Buya Hamka,'' kata Kiai Cholil kepada Republika di kantor MUI, Jakarta, Selasa (6/5). Selain itu, Kiai Cholil melanjutkan, Buya Hamka juga merupakan ulama sekaligus pujangga yang menguasai banyak ilmu. Tak hanya ilmu agama, tapi juga ilmu politik. Dalam upaya memproduksi film ini, MUI menjalin kerja sama dengan beberapa pihak, seperti penulis, sutradara, produser ternama, serta keluarga besar Buya Hamka. 

 "Kami telah mendapatkan izin dari keluarga besar Buya Hamka, bahkan salah seorang anak dari Buya Hamka bersedia membantu menuliskan naskahnya," kata Kiai Cholil. Proses yang sedang dilakukan saat ini adalah menentukan sutradara, produser, investor, dan para pemain. "Insya Allah, semua yang terlibat dalam pembuatan film ini adalah sosok Muslim.'' Kiai Cholil mengungkapkan, MUI belum menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan pihak manapun terkait pembuatan film ini. Sebab, prosesnya masih dalam tahap kerja sama dengan beberapa pihak. Diperkirakan, pembuatan film ini membutuhkan waktu maksimal satu tahun dan rencananya dimulai dalam waktu dekat.

 MUI berharap, film ini dapat diterima seluruh masyarakat Indonesia. Ia berharap film ini bisa ditonton sedikitnya 10 juta orang. ''Tak hanya di Indonesia, film ini pun rencananya ditayangkan di negara tetangga,'' ujarnya menambahkan.