Ada Mawar Merah di Angkasa, Masya Allah Menakjubkan

foto: nationalgeographic
Menemukan bungan mawar merah yang merekah di muka bumi sudah menjadi hal biasa, tapi bagaimana jika mawar merah yang merekah itu kita temukan di angkasa lepas. Ini menjadi pemandangan indah bukti kekuasaan Sang Maha Pencipta. 

Tahukah kamu, di angkasa yang tinggi sana, terdapat nebula yang bentuknya menyerupai bunga mawar merah yang sedang merekah. 

Nebula sendiri merupakan materi yang terdapat di antara bintang yang berbentuk awan massif dan berisi debu, gas, serta plasma ataupun partikel bermuatan. 

Cahayanya bersumber dari bintang yang ada di sekitarnya, sedangkan warnanya ditentukan dari jenis unsure terbanyak yang ada pada nebula tersebut. 

Ada nebula yang berbentuk mawar merah, ada juga dua jenis nebula paling terkenal yakni Nebula Rosetta dan Nebula Mata Kucing. 

Nebula Rosetta berada di rasi Monoceros, berjarak 5.200 tahun cahaya dari permukaan Bumi dan terentang melingkupi gugusan bintang terbuka NGC 2244. 

Nebula ini menjadi lokasi paling aktif yang banyak melahirkan bintang baru. Sedangkan Nebula Mata Kucing merupakan nebula keplanetan yang terbentuk dari lontaran selubung terluar bintang induknya saat akan mengakhiri hidupnya. 

Nebula yang berada di rasi Draco ini diperkirakan akan nantinya menjadi gambaran dari nasib Matahari kita nanti menjelang kematiannya pada 5 miliar tahun yang akan datang.