5 Objek Wisata Paling Terkenal di Riau

Siapa bilang Riau tidak memiliki objek wisata yang menarik? Beberapa objek wisata di Riau justru menjadi objek wisata nasional dan mendunia. Hanya saja memang promosi dan pemberdayaannya yang masih kurang sehingga jangankan orang luar, masyarakat Riau sendiri banyak yang tidak tau dengan objek wisata keren di daerahnya. Nah, jika Anda punya rencana berkunjung ke Riau, tak ada salahnya mengunjungi beberapa tempat sebagai berikut ini yang cukup dikenal sebagai tempat wisata yang menarik di Riau: 

1. Wisata Bono 

Wisata Bono yang paling terkenal berada di daerah Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Sekitar 4 jam perjalanan dari ibu kota Pekanbaru. Wisata bono menawarkan fenomena alam yang menarik, dimana terjadinya gelombang bono di air tawar. Jika selama ini kita menyaksikan gelombang di tengah laut, maka di daerah Teluk Meranti ini, deburan ombak setinggi beberapa meter terjadi di perairan sungai. Hal ini disebabkan adanya pertemuan arus air sungai dan air laut. Bono di Teluk Meranti dikenal sebagai bono terbesar di Indonesia, bahkan beberapa waktu lalu diyakini lebih besar dari yang ada di Sungai Amazone, Amerika.

 2. Wisata Pacu Jalur 

Wisata Pacu Jalur berada di Kabupaten Kuantan Singingi. Wisata ini biasa disaksikan pada bulan Agustus setiap taunnya. Pertunjukan wisata pacu jalur berupa perlombaan sampan panjang yang dilakukan di kuantan atau sungai yang ada di Kuantan Singingi. Wisata pacu jalur tersebut telah menjadi salah satu wisata nasional yang cukup dikenal. Peserta lomba pacu jalur bukan hanya datang dari dalam negeri namun juga dari luar negara seperti Malaysia dan Singapura. 

3. Wisata Candi Muara Takus 

Wisata candi juga bisa ditemukan di Kabupaten Kampar Riau, yakni wisata Candi Muara Takus. Candi Muara Takus adalah candi agama Hindu yang dulunya menjadi pusat pemerintahan kerajaan hindu yang ada di daerah Riau. Wisata candi ini berdekatan dengan Sungai Kampar yang luas. Untuk sampai di tempat ini kita memerlukan waktu tempuh sekitar 4 jam dari pusat Kota Pekanbaru.

 4. Wisata Taman Nasional Bukit Tiga Puluh 

Wisata Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) berada di daerah Indragiri Hulu. Di lokasi cagar alam ini kita bisa menemukan suku Talang Mamak yang masih mendiami beberapa kawasan di daerah tersebut. Selain hutan lindung di kawasan ini terdapat sungai dan air terjun yang masih asri. Waktu tempuh lokasi TNBT sekitar 8 jam dari pusat kota Pekanbaru. 

5. Perpustakaan Wilayah Soeman HS 

Salah satu objek wisata edukasi yang ada di Riau adalah Perpustakaan Wilayah Soeman HS yang berada di pusat Kota Pekanbaru. Bangunan yang besar dengan arsitektur unik berbentuk buku terbuka membuat perpustakaan daerah ini menjadi salah satu objek wisata menarik yang ada di Kota Pekanbaru. 

Selain objek wisata alam, sejarah maupun budaya, Riau juga memiliki beberapa wisata kuliner yang bisa Anda jadikan oleh-oleh atau Anda cicipi selama berada di Riau. Beberapa makanan favorit yang ada di Riau yang bisa Anda coba nikmati selama di propinsi ini diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Asam pedas ikan baung, masakan khas Melayu ikan baung yang akan membuat lidah Anda tak mau berhenti menikmatinya. 

2. Cemilan kerupuk nenas dan kerupuk bayam yang cocok dijadikan sebagai cemilan ringan 

3. Lempuk durian, semacam dodol yang dibuat dari durian, rasanya sangat khas dan enak 

4. Bolu komojo merupakan bolu khas Riau yang sudah dipatenkan. Bolu ini berwarna hijau dan harum, enak dinikmati pada saat hangat. 

5. Gulai patin, salah satu ikan khas Riau yang wajib Anda coba adalah ikan patin. Ada banyak olahan patin seperti gulai, asam pedas maupun salai patin.

Masih banyak lagi makanan khas Riau yang umumnya merupakan masakan Melayu. Seperti olahan mie sagu, aneka olahan seafood dan sebagainya. Rasanya enak dan membuat Anda rindu kembali ke bumi lancing kuning.