Bingung Cari Kerja? Yuk Jadi Penulis Artikel Online

Di era teknologi internet yang telah berkembang pesat saat ini sebenarnya Anda tak perlu repot ke sana kemari mencari pekerjaan. Karena layar gadget Anda sebenarnya sudah menjadi alat kerja yang cukup ampuh. 

Salah satu jenis pekerjaan yang cukup popular di era teknologi internet saat ini adalah menjadi penulis artikel online. Peluang karir ini masih sedikit diketahui orang, karena umumnya orang online dan menggunakan internet hanya untuk kebutuhan hiburan, bukan sebagai kebutuhan ekonomi. 

Buat para mahasiswa atau lulusan baru perguruan tinggi, penting bagi Anda mengetahui tentang peluang karir menjadi penulis artikel online. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda tahu.

Apa itu penulis artikel online? 

Penulis artikel online adalah penulis konten-konten artikel yang ada di media online, sama seperti penulis surat kabar kalau di media cetak. Berapa peluang keuntungan dan gajinya? Jika Anda serius mengerjakan ini, Anda bukan hanya bisa meraih penghasilan yang besar di atas lima juta rupiah, namun juga bisa mempekerjakan orang lain. 

Bagaimana cara kerjanya? 

Anda membuat tulisan artikel sesuai dengan kebutuhan para pengguna internet, misalnya untuk konten blogging, konten toko online, review produk toko online dan sebagainya sesuai dengan yang dibutuhkan pelanggan. Kualitas sebanding harga, jumlah kata menjadi penentu harga. Selain itu jenis artikel juga mempengaruhi harga. Misalnya artikel dengan jumlah kata seribu dengan kualitas penulisan yang baik bisa dibandrol 100ribu per artikel. Dalam sehari bisa mengerjakan 2 artikel saja, dalam sebulan bisa menghasilkan 6 juta rupiah. 

Apa enaknya jadi penulis artikel online? 

Kerja bisa dimana saja, kapan saja dan siapa saja bisa mengerjakannya. Anda bisa memilih waktu-waktu efektif untuk menulis, selebihnya Anda bisa jalan-jalan ke luar rumah untuk melakukan aktivitas apapun yang Anda inginkan. Bandingkan dengan orang yang kerja kantor full dari pagi sampai sore, kadang-kadang gajinya pun tak seberapa. 

Siapa pelanggan Anda? 

Pelanggan penulis artikel Anda adalah para pebisnis online, para blogger dan pemilik toko-toko online besar atau pemilik unit-unit bisnis online yang membutuhkan jasa yang Anda tawarkan. 

Bagaimana cara memulainya? 

Asah kemampuan menulis Anda, kualitas biasanya akan sebanding dengan intensitas kita menulis. Ada materi khusus untuk jenis-jenis artikel yang ditulis secara online, berbeda dengan tulisan di media cetak. Mungkin Anda perlu membekali diri dengan pelatihan. Langkah selanjutnya bisa dengan melamar pekerjaan kepada agen atau jasa penyedia layanan jasa tersebut dan Anda pun akan dipekerjakan oleh agen tersebut. Namun biasanya jika Anda bekerja melalui agen, harganya akan lebih murah. Jika Anda bekerja langsung kepada konsumen, harganya bisa lebih menguntungkan. 

Oleh karena itu, jika Anda sudah memiliki skill yang baik dalam menulis artikel online maka sebaiknya mengelola usaha sendiri agar lebih menguntungkan. Misalnya dengan membuat toko online mengenai jasa yang Anda tawarkan lalu melakukan promosi ke berbagai media baik cetak maupun online untuk menginformasikan jasa yang Anda buat. 

Peluang bisnis ini akan menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan mengingat intensitas penggunaan internet dari waktu ke waktu semakin meningkat. Peluang karir sebagai penulis artikel online sangat cocok digeluti oleh kaum wanita karena tidak membutuhkan aktivitas fisik yang kuat dan bisa dilakukan di rumah. Jadi sambil mengasuh anak, para penulis artikel online ibu rumah tangga bisa membantu kebutuhan ekonomi rumah tangga yang biasanya hanya dilakukan kaum pria. 

Harmonisasi rumah tangga bisa lebih terjaga dengan seorang ibu yang tetap bekerja dari dalam rumah saja. Selamat mencoba peluang kerja dan peluang bisnis ini. Cara paling mudah jika Anda belum bisa menggarap sendiri bisnis ini adalah dengan melamar ke perusahaan penyedia layanan jasa tersebut.