5 Cara Pintar Menggunakan Android

Android kini tak lagi menjadi barang mewah. Semua orang bisa dengan mudah menggunakan ponsel android. Memiliki ponsel android sama dengan membawa internet kemana-mana. Oleh karena itu, harus ada cara pintar menggunakannya agar bisa dimanfaatkan secara optimal. Berikut ini beberapa tips pintar menggunakan ponsel android: 

1. Jaga jangan sampai paket data habis 

Terutama jika Anda menggunakan android untuk aktivitas bisnis, upayakan bagaimana menggunakan paket data internet yang aman dan awet. 

Baik dari segi kualitas jaringan yang digunakan maupun jumlah paket data yang digunakan. Ada pelacak data yang terpasang tetap di ponsel Android yang dapat terus menyimpan tabs dimana Anda berada pada penggunaan data. 

Pilih menu Pengaturan dan kemudian klik Penggunaan Data. Pelacak data dapat disesuaikan untuk mencocokan siklus penagihan Anda. 

2. Bijak memilih konten untuk disebarkan 

Selektif dan hati-hati lah menyebarkan konten-konten android, baik berupa broadcast maupun hal yang lainnya. Ketahui aplikasi apa saja di ponsel Anda yang menggunakan informasi Anda. Jangan tunggu hingga telat mengetahuinya bahwa foto-foto dan musik pilihan Anda telah dibagikan kepada publik kecuali Anda menginginkannya. 

Pilih menu Pengaturan dan kemudian pilih Pengaturan Aplikasi. Pilih aplikasi tertentu, dan seharusnya aplikasi ini menampilkan Anda sebuah daftar perizinan dan apa yang mereka maksud. 

Pada versi yang lebih baru dari Android, Anda bahkan mendapatkan lebih banyak kontrol terhadap informasi apa saja yang dibagikan dengan aplikasi Anda. Contohnya, Anda dapat membagikan foto Anda tetapi tidak membagikan lokasi Anda dan sebaliknya. 

3. Berhemat baterai

Pada tipe android tertentu terdapat fitur penghemat baterai. Anda bisa mengaktifkannya menyala secara otomatis ketika mencapai persentase daya yang rendah (15% atau 5% biasanya menjadi pilihan untuk model yang lebih baru). 

Pada mode hemat baterai, fitur-fitur tertentu seperti layanan lokasi dan pembaruan email kemungkinan akan diaktifkan. Trik sederhana ini dapat memberikan Anda ekstra 1 jam atau lebih dari daya aktif baterai ketika sedang tidak ada charger pada Anda. 

4. Pilih aplikasi yang sering digunakan 

Jangan tergoda dengan berbagai aplikasi yang ada di play store. Kalau tidak membutuhkannya tak perlu didownload karena hanya akan menghabiskan memori dan memperlambat kerja ponsel Anda. Semua aplikasi Anda dapat diorganisir untuk memprioritaskan aplikasi yang paling sering Anda gunakan dengan app launcher. 

5. OK Google 

Dengan menggunakan android, Anda bisa mendapatkan fasilitas yang maksimal dari google. Mulai dari gmail, google drive, google map dan segala macam fasilitas lain yang mempermudah kehidupan Anda. Jika itu belum cukup, goole voice benar-benar telah memanjakan hidup Anda. 

Cukup hanya dengan berbicara di depan mikrofon, Anda bisa menemukan apa yang Anda butuhkan. Hal ini tentu saja sangat cocok untuk mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan tak memiliki banyak waktu untuk sekedar mengetik. 

Android dengan tipe-tipe terbaru lebih memanjakan lagi para penggunanya. Akan sangat sayang jika tidak digunakan dengan maksimal oleh pemiliknya. 

Penggunaan android yang terbaik tentu saja jika memberikan keuntungan bagi pemiliknya, seperti misalnya keuntungan bisnis yang dirasakan. Android membantu hidup menjadi lebih mudah. Mendekatkan yang jauh dan menjadikan yang tak mungkin menjadi mungkin.