Belanja Baju Online Tak Sama dengan Gambar, Kok Bisa? Ini Sebabnya

Bagi Anda yang sering belanja baju online mungkin sudah mengetahui bahwa baju yang dibeli seringkali berbeda dengan foto yang ditampilkan. Sementara untuk mereka yang belum tahu, biasanya akan komplen dan marah-marah karena merasa ditipu. 

Foto yang ditampilkan tidak sama dengan gambar yang ada. Sebelum berbelanja online dan marah-marah pada penjual, ada baiknya Anda tahu ilmunya lebih dalam mengenai mekanisme belanja online, khususnya aneka produk fashion seperti pakaian. 

Ada banyak hal yang harus Anda ketahui lebih dulu sebelum berbelanja online. Dengan demikian Anda akan paham dan tidak menyalahkan orang lain. Berikut ini alasan mengapa foto dan baju yang Anda beli seringkali berbeda wujudnya: 

1. Kejadian barang tak sama dengan gambar akan Anda alami jika Anda membeli produk grosiran alias kualitas rendah dengan harga di bawah 100 ribu hingga di bawah 200 ribu. Dan jarang dialami oleh mereka yang berbelanja produk butik mahal yang mewah dan original branded. 

2. Mengapa bisa demikian? Perlu Anda ketahui, bahwa catalog foto yang digunakan oleh para pedagang grosiran merupakan catalog milik produk aneka butik yang menggunakan foto kualitas butik dan model yang memang dibayar. Sementara pihak konveksi grosiran meniru model yang ada di foto tersebut dengan bahan-bahan kualitas rendah agar harganya bisa terjangkau dan bisa dinikmati kalangan masyarakat bawah. Jadi sangat jelas berbeda antara barang yang difoto dengan yang Anda beli. 

3. Jika Anda ingin memastikan kualitas produk grosiran yang Anda beli, maka bisa meminta foto asli barang kepada penjual. Namun tidak semua penjual bisa melakukannya karena keterbatasan. Jadi solusinya, Anda sebagai pembeli harus cerdas mengenal jenis-jenis bahan. Jika Anda sering belanja online maka akan tahu dengan sendirinya tanpa harus bertanya kesana sini. Yang harus Anda sesuaikan juga soal ukuran. Anda harus tahu berapa ukuran lingkar dada dan tinggi badan Anda. 

4. Belanja baju online kadang juga akan mendapatkan barang bagus dengan harga murah, namun terkadang juga sebaliknya. Jadi Anda harus pintar-pintar memilihnya.

5. Bagaimanapun harga berbanding lurus dengan kualitas, jika ingin barang yang bagus maka harus mengeluarkan uang yang lumayan. Tidak ada barang yang bagus dengan harga murah. Harga baju butik original umumnya dibandrol di atas harga 300 ribu rupiah ke atas, sementara untuk kelas menengah di atas 200 ribu hingga 300 ribu, dan untuk yang di bawah 200ribu biasanya memang produk kualitas murah meriah. 

Beberapa jenis bahan yang umumnya dipakai untuk produk fashion online kelas ekonomi bawah seperti bahan spandek, spandek korea, jersey kelas standard an sebagainya. Untuk bahan-bahan original berkelas impor bisa Anda dapatkan dari produk butik yang berkelas. Semua produk dibuat untuk pangsa pasar masing-masing. 

Mereka yang merasa memiliki uang yang cukup bisa memilih produk butik dan yang ingin murah meriah maka bisa memilih produk-produk kw yang sangat banyak dijual. Jangan menuntut harga yang murah untuk kualitas yang bagus, karena memang kualitas sebanding dengan harga. Jadi inilah tips ringan jika Anda tetap ingin belanja baju online: 

1. Lihat catalog dan baca keterangan gambar 

2. Lihat ukuran dan cocokkan dengan ukuran tubuh Anda 

3. Cek ongkos kirim 

4. Lakukan pemesanan, transfer barang lalu pihak penjual akan mengirim barang ke alamat Anda. 

Untuk mengantisipasi berbagai resiko penipuan lain, sebaiknya Anda berbelanja via website terpercaya. Atau mungkin melalui kontak bbm dari supplier terpercaya yang sudah Anda kenal. Dengan demikian Anda tak akan ditipu atau merasa tertipu saat belanja fashion online.