Punya Android Baru? Lakukan 8 Hal Ini

Model yang selalu berubah dari berbagai tipe smartphone android membuat banyak orang sering berganti ponsel android. Ditambah lagi harga android yang relative terjangkau membuat banyak orang tak sungkan gonta ganti hape. 

Nah, jika Anda memiliki android baru, perhatikan beberapa hal yang mungkin belum Anda ketahui terkait pengaturan dari smartphone baru Anda tersebut. Ada beberapa layanan yang harus Anda ubah supaya lebih efisien dan menguntungkan untuk Anda sebagai pemilik. 

1. Redupkan cahaya layar dan hindari wallpaper putih 

Semakin terang layar ponsel Anda, semakin cepat daya baterai akan terkonsumsi. Karena itu, Anda disarankan menurunkan tingkat pencahayaan ponsel sekira 50 persen atau lebih. Jika ponsel Anda memiliki layar AMOLED, pilih wallpaper hitam untuk meningkatkan daya tahan baterai. Piksel hitam tidak perlu diterangi sehingga bisa menghemat daya dalam jumlah besar. 

2. Aktifkan layanan find my mobile 

Tindakan pencegahan ini akan berguna untuk melacak ponsel Anda yang hilang atau dicuri. Sekadar berjaga-jaga, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan pengaturan internal atau aplikasi pihak ketiga. 

3. Aktifkan akun google 

Kebanyakan orang banyak yang menghindari pengaturan akun Google. Padahal jika kita tidak memasukkan akun Google di ponsel Android, kita tidak bisa mengunduh aplikasi yang ada di Google Play Store, tidak bisa menggunakan beberapa aplikasi penting Android, dan lainnya. Jadi kami sarankan untuk mengaktifkan akun Google Anda di Android. 

4. Pengaturan pattern lock 

Pattern Lock adalah keamanan dasar untuk ponsel Android. Kita dapat mengamankan perangkat kita dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin masuk ke ponsel kita. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan lock screen. 

5. Unduh google photos 

Dengan menggunakan aplikasi Google Photos, kita dapat dengan mudah mencadangkan foto dengan mengunggahnya ke server cloud milik Google. Yang terbaik adalah, ini gratis! Jadi kita dapat mengunggah foto apapun dan berapapun ke website. 

6. Perbaharui aplikasi 

Biasanya, ponsel yang telah kita beli sudah disematkan beberapa aplikasi “lama” yang ditanamkan pada ponsel tersebut. Jadi, sebaiknya perbaharui aplikasi tersebut dari Google Play Store. Namun juga perlu Anda perhatikan kapasitas dari ponsel yang Anda miliki. Jika kapasitasnya terbatas, maka sebaiknya menggunakan aplikasi yang disematkan dari pabrik. Sebab jika Anda perbaharui, biasanya ukurannya akan lebih besar. 

7. Dumpster 

Pernahkah kita secara tidak sengaja menghapus foto atau data di Android? Jika pernah, segeralah untuk menggunakan aplikasi recovery yang dapat membantu untuk mengembalikan data atau foto yang telah terhapus. Berbeda dengan PC yang bisa menggunakan Recycle bin, untuk Android kami sarankan untuk menggunakan Dumpster yang bisa melakukan hal yang sama seperti di PC yaitu mengembalikan data yang terhapus. 

8. Tambahkan info pemilik 

Dengan menambahkan info pemilik pada ponsel Android, saat ponsel kita hilang, maka orang (jujur) yang menemukannya pasti menghubungi informasi pemilik (kontak) yang ada di layar utama ponsel. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan lock screen dan pilih Lock screen message. 

Beberapa hal di atas dapat membantu Anda untuk memiliki sebuah android yang lebih baik, aman, efektif dan produktif. Pastikan Anda menginstall aplikasi yang memang Anda butuhkan. Jika tidak sebaiknya dihapus saja beberapa aplikasi yang hanya akan memberatkan operasi android Anda tersebut.