7 Khasiat Meminum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Bagi Anda yang belum tau apa saja khasiat meminum air hangat sebaiknya mulai sekarang mencoba membiasakan mengkonsumsinya. Dibandingkan air dingin atau es, air hangat memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun kebanyakan orang tidak suka dengan air hangat. 

Orang lebih memilih air es dingin yang baru keluar dari kulkas karena dirasa lebih menyegarkan. Padahal air dingin dapat menghambat kerja-kerja organ pencernaan dalam tubuh. Nah bagi Anda yang masih kurang suka dengan air hangat, berikut ini beberapa khasiat air hangat yang perlu Anda ketahui: 

1. Membantu detoksifikasi racun tubuh 

Air panas membantu pengeluaran racun dari dalam tubuh. Saat setelah mengkonsumsi air hangat, biasanya Anda akan berkeringat. Melalui keringat tersebut racun-racun tubuh akan dikeluarkan. Sehingga rajin mengkonsumsi air hangat akan membantu pengeluaran racun tubuh melalui keringat lebih banyak lagi. 

2. Membantu diet 

Wow, buat Anda yang sedang diet, perlu juga tahu bahwa air hangat juga bisa membantu proses diet yang Anda jalani. Air hangat dipercaya mampu memecah jaringan adipose atau jaringan lemak yang ada di dalam tubuh. Dengan demikian lemak akan cepat luruh seperti yang diharapkan oleh mereka yang sedang diet. Biasakan mengkonsumsi lemon hangat setiap pagi, ini adalah minuman yang bagus untuk mereka yang sedang diet. 

3. Melancarkan hidung dan tenggorokan yang tersumbat 

Saat Anda mengalami flu atau pilek, biasakan mengkonsumsi air hangat untuk membantu melancarkan hidung dan tenggorokan yang tersumbat. Cara ini banyak dilakukan oleh masyarakat secara tradisional yang ingin sembuh dari pilek atau flu. 

4. Mengatasi penuaan dini 

Alasan Anda harus membersihkan tubuh dari racun adalah karena mereka membuat usia anda lebih cepat tua. Nyatanya air hangat mampu membantu untuk memperbaiki sel-sel kulit dan meningkatkan elastisitas kulit Anda yang dipengaruhi oleh radikal bebas berbahaya. Selanjutnya, kulit anda yang rusak akan menjadi halus. 

5. Menjaga kesehatan rambut 

Minum air panas ternyata baik untuk mendapatkan rambut lembut, rambut berkilau. Hal karena air hangat memberi energi pada ujung saraf di akar rambut Anda dan mempercepat pertumbuhan rambut. Oleh karena itu Anda akan mendapatkan kembali kekuatan rambut anda dan menjaganya agar tetap sehat. 

6. Melancarkan gerakan usus dan system pencernaan 

Air panas sangat bermanfaat untuk pencernaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum air dingin selama atau setelah makan dapat mengeraskan minyak dalam makanan yang dikonsumsi. Hal ini dapat menciptakan deposit lemak pada dinding dalam usus, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker usus. Namun, jika Anda mengganti segelas air dingin dengan segelas air hangat, Anda dapat menghindari masalah ini. 

7. Mencegah terjadinya jerawat 

Air hangat mampu membersihkan tubuh anda dan menghilangkan akar penyebab infeksi terkait jerawat. 

Masih banyak lagi khasiat air hangat yang bisa Anda buktikan manfaatnya untuk kesehatan. Mulai sekarang cobalah untuk mengkonsumsi air hangat setiap harinya untuk kesehatan tubuh yang lebih baik.